Aktivitas customer relations PT Unilab Perdana dlm membina hubungan baik dgn pelanggan (Periode Juli 2008 - Februari 2009)

Irawan, Chandra (2009) Aktivitas customer relations PT Unilab Perdana dlm membina hubungan baik dgn pelanggan (Periode Juli 2008 - Februari 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Chandra Irawan Nim : 04202 – 015 Judul : Aktivitas Customer Relations PT. Unilab Perdana Dalam Membina Hubungan Baik Dengan Pelanggan (Periode Juli 2008 – Februari 2009) Bibliografi : 20 bahan buku acuan (1992-2005) Customer Relations merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membina hubungan baik dengan pelanggan dalam mencapai keinginan dan harapan pelanggan terhadap produk atau jasa yang disampaikan perusahaan kepada konsumen. Oleh karena itu PT. Unilab Perdana melakukan aktivitas Customer Relations dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Membina hubungan baik dengan pelanggan sangat penting bagi penentuan aktivitas komunikasi pelayanan demi terciptanya kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan akhir dari kegiatan customer relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas Customer Relations PT. Unilab Perdana dalam membina hubungan baik dengan pelanggan. Dalam menjalankan aktivitas tersebut meliputi tahapan riset, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Agar mempermudah dalam memperoleh hubungan baik dengan pelanggannya. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas customer relations PT. Unilab Perdana dalam membina hubungan baik dengan pelanggan yang dilakukan pada periode Juli 2008-Februari 2009. Penulis melakukan penelitian menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode studi kasus, melakukan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan wawancara mendalam (indepth interview) dengan key informan sebagai data primer dan data sekundernya melalui wawancara kepada customer serta data-data yang ada pada perusahaan seperti company profile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membina hubungan baik dengan customer relations di PT. Unilab Perdana adalah merupakan tanggung jawab dari semua bagian perusahaan. Bagian customer relations PT. Unilab Perdana hanya bersifat sebagai penunjang program kerja yang telah ditentukan dan menciptakan image perusahaan di masyarakat. Dalam membina hubungan baik dengan pelanggan melalui pelayanan yang dilakukan perusahaan terhadap customer maka ada pelanggan yang merasa puas dan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 003
Call Number: SK/09/471
NIM/NIDN Creators: 04202-015
Uncontrolled Keywords: customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 11:06
Last Modified: 05 Jun 2017 06:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item View Item