Kajian pengaruh pencampuran 5% semen portland dan silica fume thd stabilisasi tanah ekspansif pd lapisan tanah permukaan jalan raya (Studi kasus perumahan sentosa cikarang)

Supardjono, Anak Agung (2009) Kajian pengaruh pencampuran 5% semen portland dan silica fume thd stabilisasi tanah ekspansif pd lapisan tanah permukaan jalan raya (Studi kasus perumahan sentosa cikarang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text
4110401-006 anak agung supardjono.pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul : Kajian Pengaruh Pencampuran 5% Semen Portland dan Silica Fume Terhadap Stabilisasi Tanah Ekspansif Pada Lapisan Tanah Permukaan Jalan Raya (Studi kasus Perumahan Sentosa Cikarang) , Nama : Anak Agung Supardjono (4110401-006), Pembimbing : Ir.Desiana Vidayanti.MT. Adanya tanah yang kurang baik dikarenakan tanah tersebut berprilaku mengembang pada saat kadar air bertambah dari nilai referensinya dan menyusut ketika kadar air berada di bawah nilai referensinya sampai batas susut yang biasa disebut dengan tanah ekspansif. Adanya pengembangan dan penyusutan mengakibatkan tanah ini mengalami perubahan volume yang cukup besar sehingga mempengaruhi struktur yang dibangun di atasnya. Berdasarkan sifat-sifat tanah ekspansif yang sangat merugikan inilah sehingga perlu dilakukan usaha stabilisasi tanah. Laporan ini dibuat dengan berdasarkan studi kasus tanah ekspansif pada Proyek Jalan Raya tepatnya di lokasi Perumahan Taman Sentosa Cikarang. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menganalisa perubahan secara fisis yang terjadi setelah tanah ekspansif mengalami pencampuran dengan semen portland dan silica fume. Selain itu tugas akhir ini juga bertujuan menghitung besarnya persentase 5% semen portland dan silica fume yang tepat agar didapatkan daya dukung yang optimum. Setelah analisis, ternyata didapatkan hasil bahwa campuran 5% semen dan 0% silica fume dengan masa curing 14 hari nilai daya dukungnya paling besar dan dapat menurunkan pengembangan tanahnya hingga 13 kali lebih kecil dari tanah asli sehingga campuran tersebut dapat dipergunakan sebagai stabilisasi tanah yang baik dan dapat dikatatan bahwa tanah ekspansif dengan mempergunakan stabilisasi dengan campuran tersebut aman dipergunakan sebagai pondasi awal pada struktur bangunan diatasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 09 039
Call Number: STSP/09/091
NIM/NIDN Creators: 4110401-006
Additional Information: TTD Soft dan Hardcopy tidak ada
Uncontrolled Keywords: stabilisasi tanah
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Dec 2009 10:47
Last Modified: 16 Jan 2023 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25368

Actions (login required)

View Item View Item