Penelitian ttg pengaruh suhu nitriding (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-2"

Sucipto, Abdulloh Hendri (2009) Penelitian ttg pengaruh suhu nitriding (550o C - 700o C) thd perubahan sifat kekerasan dan struktur mikro pd material zircaloy-2". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01303-019 Abdulloh Hendri Sucipto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nitriding adalah suatu proses pengerasan permukaan sub kritis yang memungkinkan menjadi proses akhir suatu komponen, karena kestabilan dimensinya yang dapat dipertahankan juga meningkatkan kadar Nitrogen pada material zircaloy-2 yang diinginkan dan yang mengalami proses Difusi pada temperature tinggi. Untuk proses Nitridasi supaya diperoleh kekerasan yang tinggi, material dipanaskan 500 oC – 700 oC pada lingkungan yang mengandung Nitrogen. Dengan demikian pada rentang suhu tersebut benda kerja / material masih berfasa Ferit, sehingga proses Nitriding biasa juga disebut sebagai proses pelakuan Thermokimia Feritik yang berarti bahwa pengerasan yang terjadi setelah proses berlangsung akibat terbentuknya senyawa kimia yang sangat keras, kekerasan yang diperoleh dapat melampaui karburasi. Proses Nitriding gas umumnya digunakan untuk memperbaiki ketahan aus, meningkatnya ketahanan lelah, memperbaiki ketahanan korosi dan proses ini tidak sesuai untuk beberapa aplikasi yang mensyaratkan inti keras. Tetapi proses ini dapat mengganti jenis Heat Treatment lain yang menekankan performance yang baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh data sebagai berikut 5 %, oksigen 10,41 % dan zirconium 84,58 %. Dari hasil uji kekerasan dapat diketahui bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitriding maka nilai kekerasannya (HV) semakin kecil/ semakin rendah. Hasil pengukuran dan pengamatan struktur mikro dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu pemanasan nitriding maka semakin dalam nitrogen dan carbon yang terdifusi pada zirconium, begitu juga sebaliknya.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di laboratorium, ternyata proses nitriding tidak dapat meningkatkan daya tahan pada material zircaloy-2.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 022
Call Number: STI/09/534
NIM/NIDN Creators: 01303-019
Uncontrolled Keywords: pengaruh suhu nitriding, MATERIAL, STRUKTUR MIKRO
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Dec 2009 11:08
Last Modified: 14 Jul 2022 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item