Peran public relations (PR) PT HM Sampoerna Tbk dlm program corporate social responsibility (CSR): program bimbingan anak sampoerna (PBAS)

Soedarso, Boman Hamly (2009) Peran public relations (PR) PT HM Sampoerna Tbk dlm program corporate social responsibility (CSR): program bimbingan anak sampoerna (PBAS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 75 Tahun 2005 atau Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Kawasan Dilarang Merokok (KDM) tentu merugikan bagi perusahaan rokok, karena dapat menurunkan volume penjualan pokok yang disebabkan oleh keterbatasan tempat merokok. Dengan adanya tekanan tersebut, peran Public Relations (PR) PT HM Sampoerna Tbk amat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan reputasi perusahaan. Untuk mendapatkan opini positif bagi perusahaannya, PT HM Sampoerna Tbk telah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR). Carter McNamara Profesional Humas mendefinisikan PR berdasarkan tujuan kegiatan PR yang dirumuskannya sebagai aktivitas berkelanjutan untuk menjamin perusahaan memiliki citra yang kuat di mata publik. Aktivitas Public Relations secara garis besar dibagi dalam dua bagian, yaitu hubungan ke dalam maupun ke luar. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah komitmen untuk memperbaiki komunitas melalui praktik bisnis yang bijaksana dan kontribusi dari daya sumber perusahaan. Dalam konteks PR, CSR diimplementasikan dalam program dan kegiatan community relations. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Melalui pendekatan kualitatif ini, penulis ingin meneliti peran Public Relations PT. HM Sampoerna Tbk dalam Program Corporate Social Responsibility, khususnya Program Bimbingan Anak Sampoerna. Metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Peran Public Relations PT. HM Sampoerna Tbk adalah sebagai penentu ahli, hal ini terlihat dari setiap keputusan yang di ambil terkait dengan PBAS.Teknisi komunikasi, sebagai pelaksana teknis komunikasi yang hanya menyediakan layanan dibidang teknis. Fasilitator komunikasi, yang berperan sebagai fasilitator komunikasi antara perusahaan atau organisasi dengan public, baik internal ataupun eksternal. Aktivitas yang dilakukan oleh Public Relations PT. HM Sampoerna Tbk dalam program PBAS adalah membuat konsep PBAS, pelaksana PBAS serta menangani masalah perubahan PBAS (Program Bimbingan Anak Sekolah) menjadi PPS (Program Pustka Sekolah).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 027
Call Number: SK/09/595
NIM/NIDN Creators: 0420311-050
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 12:10
Last Modified: 05 Jun 2017 05:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25122

Actions (login required)

View Item View Item