Strategi host dlm membawakan program talk show di televisi (Studi kasus pd tayangan kick andy di metro tv periode September-November 2008)

Rohmah, Isni Miftahul (2009) Strategi host dlm membawakan program talk show di televisi (Studi kasus pd tayangan kick andy di metro tv periode September-November 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Persaingan di industri televisi mengakibatkan semua stasiun televisi berlomba-lomba menghadirkan program unggulan dan berkualitas. Salah satunya adalah program talk show KICK ANDY di Metro TV. Metro TV menjadikan program KICK ANDY sebagai program talk show unggulan mereka. KICK ANDY merupakan program talk show yang berbeda dari program lain yang sejenis. KICK ANDY selalu menyisipkan pesan moral dalam setiap episodenya. Host-nya, Andy F. Noya, turut memberikan kontribusi yang besar agar pesan moral tadi tersampaikan kepada audiens. Andy Noya memiliki karakter tersendiri saat membawakan acara dan mewawancarai narasumber. Tentunya ada beberapa strategi yang ia terapkan agar informasi yang mendalam serta pesan moral yang ingin disampaikan benar-benar terungkap. Maka dari itu, peneliti dapat merumuskan tujuan dari penelitian ini, yakni sebagai berikut : bagaimana strategi host yang diterapkan Andy F. Noya dalam membawakan program talk show KICK ANDY di Metro TV. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada konsep strategi arahan Hill dan Jones, yang mendefinisikan strategi melalui dua pendekatan. pendekatan tersebut dikenal sebagai pendekatan tradisional dan pendekatan baru. Dalam pendekatan tradisional strategi dipahami sebagai suatu rencana ke depan, bersifat antisipasif (forward looking). Sedangkan dalam pendekatan yang baru, strategi lebih dipahami sebagai suatu pola dan bersifat reflektif (backward looking). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data primer, dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan Andy F. Noya selaku Host KICK ANDY, Usman Kansong selaku Manager Currents Affair Metro TV, Eko Sri Rahardjo selaku Produser KICK ANDY, dan Indri Nababan selaku Staff Produksi KICK ANDY. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku pedoman, artikel, jurnal, dan internet. Setiap sebelum rekaman, Andy F. Noya selalu mempelajari dan membaca bahan-bahan terkait tema saat itu, bahkan ia melakukan riset sendiri agar lebih memahaminya. Agar informasi mendalam bisa keluar dari mulut narasumber, ia juga selalu melakukan pendekatan dengan narasumber setiap sebelum rekaman dimulai. Jadi narasumber sudah mengetahui tentang apa yang akan ditanyakan, termasuk pertanyaan yang kritis. Andy Noya juga akan langsung menetralisir jika ia sudah melihat narasumber “tersinggung”.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 013
Call Number: SK/09/556
NIM/NIDN Creators: 44105010068
Uncontrolled Keywords: Strategi host - tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 10:53
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item