Hubungan pengetahuan isu larangan terbang unieropa thd image maskapai penerbangan garuda indonesia di mata konsuman indonesia

Sudirman, Sunita (2009) Hubungan pengetahuan isu larangan terbang unieropa thd image maskapai penerbangan garuda indonesia di mata konsuman indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Keberhasilan perusahaan dalam menangani suatu isu merupakan hal penting dalam mempertahankan image yang baik dimata masyarakat ataupun konsumen perusahaan. Dampak dari berbagai kecelakaan dan setiap kelalaian yang terjadi pada maskapai penerbangan di Indonesia, membuat Indonesia termasuk dalam community list, sampai akhirnya, UniEropa pun mengeluarkan peratuirannya yang menyatakan bahwa Indonesia Dilarang untuk menerbangkan pesawatnya ke dalam wilayah Eropa.Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan pengetahuan isu larangan terbang UniEropa terhadap image maskapai penerbangan Garuda Indonesia dimata konsumen di Indonesia, dan seberapa erat hubungan tersebut. Dengan tujuan masalahnya adalah ingin mengetahui adakah hubungan pengetahuan isu larangan terbang UniEropa terhadap image maskapai penerbangan Garuda Indonesia dimata konsumen di Indonesia. Isu menurut teori Chase dan Jones menggambarkan “ issue “ sebagai ‘ sebuah masalah yang belum terpecahkan yang siap diambil keputuannya ‘ (‘an unsettled matter which is ready for decision‘). Pakat lain mengatakan bahwa dalam bentuk dasarnya, sebuah isu dapat didefinisikan sebagai ‘sebuah titik konflik antara sebuah organisasi dengan satu atau lebih publiknya’ (‘a point of conflict between an organization and one or more of its audicenves’). Image menurut Frank Jefkins dalam bukunya PR Technique, menyimpulkan bahwa secara umum image diartikan sebagai kesan seseorang/individu tentang suatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling (acak) dengan strata proporsional dari populasi 25000 konsumen Garuda Indonesia perhari di Bandara Soekarno Hatta. Hipotesa dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui apakah antara isu dengan Image perusahaan terdapat hubungan yang berarti atau tidak. Analisis korelasi dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil perhitungan dengan tingkat signifikasi 5% menunjukkan H 0 diterima dan H 1 ditolak karena nilai r hitung < r tabel (0.5149 < 1.987), berarti ada tidak ada hubungan antara isu larangan terbang UniEropa terhadap image maskapai penerbangan Garuda Indonesia dimata konsumen Indonesia.Berdasarkan analisis koefisien dihasilkan nilai 0.052 yang berarti tingkat hubungan sangat rendah karena berada di interval koefisien 0,00 – 0,10. Kata Kunci : isu dan image perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 013
Call Number: SK/09/555
NIM/NIDN Creators: 44205010033
Uncontrolled Keywords: isu - image
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 10:40
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item View Item