Penerapan Aplikasi Sistem Administrasi Perhotelan Studi Kasus Hotel XYZ

Rahmadi, (2010) Penerapan Aplikasi Sistem Administrasi Perhotelan Studi Kasus Hotel XYZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text
4150411-026 Rahmadi.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini perkembangan didunia teknologi komputer sudah sangat maju pesat dan banyak perkembangan dalam aplikasi maupun hardware. Lalu pada sistem aplikasi juga semua ini rata-rata sudah memudahkan dalam penggunanya dalam melakukan pembuatan aplikasi. Aplikasi yang sekarang dikembangkan banyak untuk mendukung proses input transaksi, analisa sampai output dari transaksi. Dimana salah satu sistem yang akan digunakan yaitu dalam proses administrasi hotel pada frontdesk dengan menggunakan program Visual Basic 6.0. Dan untuk faktor pendukung dari sistem ini adalah komputer. Komputer ini sampai saat ini dibutuhkan karena merupakan alat yang bisa melakukan transaksi data secara digital. Komputer mampu memecahkan masalah, bukan hanya perhitungan tetapi juga dalam kemampuan menyimpan data dan memberikan informasi. Dan komputer sekarang ini sering digunakan sebagai media komunikasi baik antara dalam negeri maupun luar negeri. Walaupun demikian dalam masyarakat modern komputer banyak dimanfaatkan sebagai pusat data (database) dibanding penggunaan lainnya. Database mempunyai peran yang sangat menonjol. Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan yang kehadirannya sangat diperlukan, dan tidak hanya mempercepat perolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap tamu Hotel. Tidak hanya sekedar informasi kepada tamu, tetapi dapat langsung dipantau oleh pemilik hotel. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diambil adalah bagaimana cara pembuatan sistem database yang terpusat secara internal dengan menggunakan sistem billing sehingga database yang dimasukkan tidak ada pada komputer pengentrian data, tetapi pada server yang langsung dapat dipantau oleh pemiliknya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memudahkan petugas front desk hotel dalam menangani setiap transaksi dan juga memberikan informasi kamar untuk setiap pengunjung hotel yang datang, serta membuat beragam laporan yang diperlukan sehingga pelayanan kepada tamu dan pengunjung menjadi lebih maksimal, cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 021
Call Number: SIK/15/10/203
NIM/NIDN Creators: 4150411-026
Uncontrolled Keywords: Hardware, Aplikasi, Digital, Visual Basic 6.0, Database, Server, Front Desk
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2010 10:21
Last Modified: 22 Dec 2022 06:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item