<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025)"^^ . "Lobbying and negotiation are important parts of building cooperative\r\nrelationships between companies and clients, especially in service industries such\r\nas internet services. PT. Data Utama Dinamika, as an internet service provider,\r\nfaces challenges in reaching agreements with various types of clients, so it needs\r\nthe right communication strategy. This study aims to determine how lobbying and\r\nnegotiation strategies are implemented by companies in reaching cooperation\r\nagreements.\r\nThis study uses a qualitative approach with a case study method. Data was\r\nobtained through in-depth interviews with four informants, namely three people\r\nfrom the sales marketing team of PT. Data Utama Dinamika and one person from\r\nthe client, DatautamaNet. This study was analyzed thematically with a\r\nconstructivist approach, which focuses on interpreting the meaning of the\r\nsubjective experiences of communication actors in the process of lobbying and\r\nbusiness negotiations.\r\nThe results of the study indicate that lobbying strategies are carried out\r\nthrough a personal approach and by building emotional comfort to create initial\r\ntrust, while negotiation strategies are carried out adaptively, by adjusting\r\ncommunication styles and offers based on the needs and characteristics of the\r\nclient. The communication process is flexible, informal, and highly dependent on\r\nthe interpersonal relationships built during business interactions.\r\nThe conclusion of this study indicates that the success of cooperation\r\nagreements is not only determined by the content of offers or service prices, but\r\nalso by the sales marketing team's ability to build trust-based relationships,\r\nsensitivity to client contexts, and reflective and situational communication\r\nKeywords: Communication strategy, Lobbying, Negotiation, Cooperation, Case study \r\n\r\nLobi dan negosiasi merupakan bagian penting dalam membangun hubungan\r\nkerja sama antara perusahaan dan klien, terutama dalam industri jasa seperti\r\nlayanan internet. PT. Data Utama Dinamika sebagai penyedia jasa internet\r\nmenghadapi tantangan dalam menjalin kesepakatan dengan berbagai tipe klien,\r\nsehingga dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui bagaimana strategi lobi dan negosiasi dijalankan oleh perusahaan\r\ndalam mencapai kesepakatan kerja sama.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi\r\nkasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap empat narasumber,\r\nyaitu tiga orang dari tim sales marketing PT. Data Utama Dinamika dan satu orang\r\ndari pihak klien DatautamaNet. Penelitian ini dianalisis secara tematik dengan\r\npendekatan konstruktivistik, yang berfokus pada interpretasi makna dari\r\npengalaman subjektif para pelaku komunikasi dalam proses lobi dan negosiasi\r\nbisnis.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi lobi dilakukan melalui\r\npendekatan personal dan membangun kenyamanan emosional untuk menciptakan\r\nkepercayaan awal, sementara strategi negosiasi dijalankan secara adaptif, dengan\r\nmenyesuaikan gaya komunikasi dan penawaran berdasarkan kebutuhan dan\r\nkarakteristik klien. Proses komunikasi bersifat fleksibel, informal, dan sangat\r\nbergantung pada hubungan interpersonal yang dibangun selama interaksi bisnis.\r\nKesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan\r\nkesepakatan kerja sama tidak hanya ditentukan oleh isi penawaran atau harga\r\nlayanan, melainkan juga oleh kemampuan tim sales marketing dalam membangun\r\nrelasi yang berbasis kepercayaan, kepekaan terhadap konteks klien, dan komunikasi\r\nyang reflektif serta situasional.\r\nKata kunci: Strategi Komunikasi, Lobi, Negosiasi, Kerja Sama, Studi Kasus"^^ . "2025-07-28" . . . . . . . . . . "Universitas Mercu Buana Jakarta"^^ . . . "Biro Perpustakaan, Universitas Mercu Buana Jakarta"^^ . . . . . . . . . . "Yoyoh"^^ . "Hereyah"^^ . "Yoyoh Hereyah"^^ . . "KELVIN DAVID"^^ . "PASARIBU"^^ . "KELVIN DAVID PASARIBU"^^ . . . . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "01 COVER.pdf"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . . "STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025) (Text)"^^ . . "HTML Summary of #96771 \n\nSTRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. DATA UTAMA DINAMIKA DALAM MENCAPAI KESEPAKATAN KERJASAMA DENGAN KLIEN (PERIODE 2025)\n\n" . "text/html" . . . "302.2 Communication/Komunikasi"@en . . . "658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM"@en . . . "659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat"@en . . . "794.12 Strategy and Tactics/Strategi"@en . .