TY - THES ID - umbprints96760 UR - http://repository.mercubuana.ac.id/96760/ A1 - SIMAMORA, SATYA KRISTIAN PERWIRA Y1 - 2025/07/09/ N2 - Penurunan rating aplikasi Octo Mobile by CIMB Niaga di Google Play Store menunjukkan adanya ketidakpuasan pengguna, namun permasalahan utamanya adalah belum teridentifikasinya penyebab spesifik di balik penurunan tersebut. Penelitian ini menawarkan solusi dengan menerapkan pendekatan analisis gabungan: menggunakan Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan sentimen secara akurat, dan Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk mengekstrak topik utama sebagai akar penyebab keluhan. Metode yang dijalankan meliputi perbandingan enam algoritma pada 22.389 ulasan melalui validasi silang 10-fold, yang dilanjutkan dengan pemodelan topik. Hasilnya, SVM terbukti sebagai model terbaik dengan akurasi 95%, dan LDA berhasil mendiagnosis keluhan utama pada topik ?Aksesibilitas Akun? dan ?Fungsionalitas Aplikasi? yang frekuensinya melonjak pada versi 3.0 dan 3.1. Kombinasi metode ini terbukti efektif memberikan diagnosis masalah yang jelas dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti oleh pengembang. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Support Vector Machine, Latent Dirichlet Allocation, Ulasan Pengguna, Octo Mobile by CIMB Niaga PB - Universitas Mercu Buana - Menteng KW - Analisis Sentimen KW - Support Vector Machine KW - Latent Dirichlet Allocation M1 - s1 TI - ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI OCTO MOBILE BY CIMB NIAGA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION (LDA) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) AV - restricted EP - 100 ER -