%0 Thesis %9 S2 %A FIKRIYAH, SITI HAILATUL %B Biro Perpustakaan %D 2025 %F umbprints:96718 %I Universitas Mercu Buana Jakarta %K Komunikasi Pemasaran Terpadu, Model Sirkular SOME, Keterlibatan Audiens, YouTube, Sasmita Jaya TV %P 137 %T STRATEGI PENINGKATAN ENGAGEMENT MELALUI PRODUKSI KONTEN DAN PREFERENSI AUDIENS (Studi Kasus Pada Channel YouTube Sasmita Jaya TV Official Periode 2021-2024) %U http://repository.mercubuana.ac.id/96718/ %X The development of digital media has encouraged the Sasmita Jaya Foundation to utilize it as an information and marketing medium by using the SJ TV YouTube channel which presents various content, but faces challenges in increasing audience engagement. The theoretical study in this study consists of marketing communication strategies, integrated marketing communications, digital marketing content, The Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage), audience engagement, and new media. This study aims to determine the strategy for increasing engagement through content production and audience preferences using the model of SOME and audience engagement. The research approach used is qualitative with a case study method. Data collection was carried out through observation, documentation, and interviews with sources from the Head and Production Division of SJ TV, practitioners and academics as content creators, followers and viewers of SJ TV. The results of the study showed that the type of content, upload consistency, and suitability with audience preferences were implemented to increase engagement. The share strategy proved to be a determinant of content success. The optimize strategy is an effective databased approach and trend analysis that can increase engagement. The manage strategy shows professional and structured internal management. The engage strategy succeeded in creating active audience engagement. Audience engagement through content engagement is carried out by compiling relevant content, educational value, and touching the emotional aspects of the audience. Audience engagement through media engagement presents a responsive and interesting viewing experience. Audience engagement through engagement marketing activities succeeded in increasing engagement significantly. Keywords: Integrated Marketing Communication, The Circular Model of SOME, Audience Engagement, YouTube, Sasmita Jaya TV Perkembangan media digital mendorong Yayasan Sasmita Jaya untuk memanfaatkannya sebagai media informasi dan pemasaran dengan menggunakan kanal YouTube SJ TV yang menyajikan beragam konten, namun menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Kajian teoritis dalam penelitian ini terdiri dari strategi komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, konten pemasaran digital, The Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage), keterlibatan audiens, dan media baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan engagement melalui produksi konten dan preferensi audiens menggunakan model SOME dan audience engagement. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber dari Kepala dan Divisi Produksi SJ TV, praktisi dan akademisi sebagai kreator konten, pengikut dan pemirsa SJ TV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis konten, konsistensi unggahan, dan kesesuaian dengan preferensi audiens diimplementaskan guna meningkatkan engagement. Strategi share terbukti menjadi penentu keberhasilan konten. Strategi optimize merupakan pendekatan berbasis data dan analisis tren yang efektif dapat meningkatkan engagement. Strategi manage menunjukkan adanya pengelolaan internal yang profesional dan terstruktur. Strategi engage berhasil menciptakan keterlibatan audiens yang aktif. Keterlibatan audiens melalui content engagement dilakukan dengan menyusun konten yang relevan, bernilai edukatif, dan menyentuh aspek emosional audiens. Keterlibatan audiens melalui media engagement menghadirkan pengalaman menonton yang responsif dan menarik. Keterlibatan audiens melalui engagement marketing activities berhasil meningkatkan keterlibatan secara signifikan. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Model Sirkular SOME, Keterlibatan Audiens, YouTube, Sasmita Jaya TV