eprintid: 96674 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 599 dir: disk0/00/09/66/74 datestamp: 2025-08-08 05:37:12 lastmod: 2025-08-08 05:37:12 status_changed: 2025-08-08 05:37:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAHRIYANI, ARIEF creators_nimnip: 44117010045 creators_id: fahry.yani11@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Asse, Ridho Azlam Ambo contributors_nidn: 0308089202 contributors_id: lib.mercubuana.ac.id title: PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG PROFESIONAL PADA SELEBGRAM (Studi Kasus Terhadap Selebgram Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 & 2019 Universitas Mercu Buana) ispublished: pub subjects: S006.754 subjects: S155.25 subjects: S658.3 subjects: S711.12 divisions: 441 full_text_status: restricted keywords: Instagram, Kepribadian, Profesional, Selebgram abstract: The globalization and digital era has transformed adolescents' perspectives on how they express themselves and how they develop their personalities. The purpose of this study is to examine the role of Instagram in shaping the professional personalities of Instagram celebrities among students in the Communication Studies program, graduating in 2017 and 2019 at Mercu Buana University. This study used a qualitative approach with a case study method. Data collection included interviews, observation, and documentation of the Instagram celebrities at Mercu Buana University. The results indicate that internal and external forces reinforce their new identities. They then develop a new self-image to appear better than their real lives, fulfilling their needs for information, entertainment, and financial resources. Keywords: Instagram, Personality, Professional, Instagram Celebrity Pada Era Globalisasi dan Digital mampu mengubah pandangan remaja tentang bagaimana mereka mengekspresikan dirinya dan bagaimana dirinya membangun kepribadiannya. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian yang profesional terhadap selebgram mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2017 & 2019 universitas mercu buana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi para selebgram Universitas Mercu Buana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya dorongan dari internal maupun eksternal yang menjadikan identitas barunya tetap melekat pada dirinya, kemudian mereka membentuk citra diri yang baru agar terlihat lebih baik dari kehidupan asli mereka, dan adanya pemenuh kebutuhan informasi, hiburan dan finansial. Kata kunci: Instagram, Kepribadian, Profesional, Selebgram date: 2022-02-23 date_type: published pages: 84 institution: Universitas Mercu Buana Jakarta department: Biro Perpustakaan thesis_type: s1 thesis_name: tugas_akhir kampus: meruya call_number_cd: FK/BRD. 25 075 kota: Jakarta kolasi: xi, 84 hlm citation: FAHRIYANI, ARIEF (2022) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG PROFESIONAL PADA SELEBGRAM (Studi Kasus Terhadap Selebgram Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 & 2019 Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/1/01%20COVER.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/2/02%20BAB%201.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/3/03%20BAB%202.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/4/04%20BAB%203.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/5/05%20BAB%204.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/6/06%20BAB%205.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/7/07%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://repository.mercubuana.ac.id/96674/8/08%20LAMPIRAN.pdf