<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU)"^^ . "With the development of the business district in BSD the increase in the number of companies and\r\nworkers attracts more vehicles to the area, potentially causing congestion. Based on Jabodetabek\r\nCommuter Statistics 2023 Volume 3, 2024 the main mode of transportation used to commute\r\nto/from the place of activity is 79% using private vehicles, even though the BSD area already has\r\naccess to public transportation systems, one of which is the Electric Rail Train (KRL). This study\r\naims to examine what factors make travelers choose private vehicles compared to public\r\ntransportation and what scenarios can be applied so that private vehicle users can switch to KRL.\r\nThis research applies the Stated Preference technique which is then analyzed using linear\r\nregression. The transportation mode selection model used is a binary logit difference model to\r\nidentify the relationship between the response variable of travelers' choice (Y) with changes in\r\nattributes, such as travel time (X1), travel cost difference (X2), and access time to the nearest\r\nstation (X3).\r\nBased on the results of the analysis, the variables that affect mode selection are travel time X1,\r\nX2, and X4. The utility equation Ump- Ukrl = 5.664 + (-0.0755) (travel time) + (-0.0001) (travel\r\ncost) + (- 0.0530) (access time). The analysis shows that a person's decision to choose a mode of\r\ntransportation is influenced by travel time, travel costs, and access time. The faster, cheaper, and\r\neasier to access a mode of transportation, the greater the probability of users to choose it. Based\r\non these findings, it is recommended that public transportation managers improve the access time\r\nand convenience of KRL to attract more private vehicle users.\r\nKeywords: KRL, Mode Selection, Difference Binary Logit Method\r\n\r\nDengan berkembangnya kawasan bisnis di BSD peningkatan jumlah perusahaan dan pekerja\r\nmenarik lebih banyak kendaraan ke daerah tersebut, yang berpotensi menyebabkan kemacetan.\r\nBerdasarkan Statistik Komuter Jabodetabek 2023 Volume 3, 2024 moda transportasi utama yang\r\ndigunakan untuk pulang-pergi ke/dari tempat kegiatan adalah 79% menggunakan kendaraan\r\npribadi, padahal kawasan BSD sudah memiliki akses sistem transportasi public salah satunya\r\nadalah Kereta Rel Listrik (KRL).Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor apa saja\r\nyang membuat pelaku perjalanan memilih kendaraan pribadi dibanding dengan transportasi\r\numum dan skenario apa yang bisa diterapkan agar pengguna kendaraan pribadi bisa berpindah ke\r\nKRL.\r\nPenelitian ini mengaplikasikan teknik Stated Preference yang kemudian dianalisis menggunakan\r\nregresi linier. Model pemilihan moda transportasi yang digunakan adalah model logit biner selisih\r\nuntuk mengidentifikasi hubungan antara variabel respon pilihan pelaku perjalanan (Y) dengan\r\nperubahan atribut, seperti waktu tempuh perjalanan (X1), selisih biaya perjalanan (X2), waktu\r\ntunggu (X3), dan waktu akses ke stasiun terdekat (X4).\r\nBerdasarkan hasil analisis, variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan moda yaitu waktu\r\ntempuh perjalanan X1, X2, dan X4. Didapatkan persamaan utilitas Ump– Ukrl = 5,664 +\r\n(-0,0755) (waktu tempuh) + (-0,0001) (biaya perjalanan) + (- 0,0530) (waktu akses). Analisis\r\nmenunjukkan bahwa keputusan seseorang dalam memilih moda transportasi dipengaruhi oleh\r\nwaktu tempuh, biaya perjalanan, dan waktu akses. Semakin cepat, murah, dan mudah akses suatu\r\nmoda transportasi, maka semakin besar probabilitas pengguna untuk memilihnya. Berdasarkan\r\ntemuan ini, disarankan agar pengelola transportasi umum meningkatkan waktu akses dan\r\nkenyamanan KRL untuk menarik lebih banyak pengguna kendaraan pribadi.\r\nKata Kunci : KRL, Pemilihan Moda, Metode Logit Biner Selisih, Stated Preference"^^ . "2025-02-08" . . . . . . . . . . "Universitas Mercu Buana Jakarta"^^ . . . "Biro Perpustakaan, Universitas Mercu Buana Jakarta"^^ . . . . . . . . . . "Nabila"^^ . "Nabila"^^ . "Nabila Nabila"^^ . . "NURUL"^^ . "NISA"^^ . "NURUL NISA"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "01 COVER.pdf"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Text)"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \r\n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #96530 \n\nANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK \n(STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU)\n\n" . "text/html" . . . "385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api"@en . . . "620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan"@en . . . "658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM"@en . .