GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN SUARA DAN BAHASA ISYARAT UNTUK ANAK USIA DINI DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

PERDANA, HANSIE ANANTA (2020) GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN SUARA DAN BAHASA ISYARAT UNTUK ANAK USIA DINI DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
(Jurnal Yudisium) Hansie Ananta Perdana - 41515010121.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Today's technology is growing rapidly, Android is an operating system for smartphones which is now a smart tool because it has many capabilities for two-way communication, playing back audio, videos, browsing cyberspace, and also running games. Increasingly advanced science requires mastery of English. To capture good learning at this time more emphasis on visual education. This study aims to create an educational game, namely the introduction of animal names, fruits and vegetables in English for early childhood and children with special needs. The method used in the development of this research is MDLC (Multimedia Development Life Cycle). The results of this study are educational games "Learning Guess The Picture". This educational game uses 2-dimensional graphics and is a desktop-based game, but can be played via Android. Development of this educational game uses Construct 2 tools based on HTML5. This educational game is expected to be a playground as well as an arena for learning, especially the introduction of animal names, fruits and vegetables in English for early childhood and children with special needs. Key words: Game, Education, English, Multimedia, Android. Teknologi saat ini semakin berkembang cepat, android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang saat ini sudah menjadi alat bantu pintar karena memiliki banyak kemampuan untuk berkomunikasi dua arah, memutar ulang audio, video, menjelajah dunia maya, dan juga menjalankan game. Ilmu pengetahuan semakin maju dibutuhkan penguasaan Bahasa Inggris. Untuk daya tangkap pembelajaran yang baik pada saat ini lebih ditekankan pada pendidikan visual. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game edukasi, yaitu pengenalan nama-nama hewan, buah dan sayur dalam Bahasa Inggris untuk anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam pengembangan penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi “Learning Guess The Picture”. Game edukasi ini menggunakan grafis 2 dimensi dan merupakan sebuah game berbasis desktop, namun bisa dimainkan melalui android. Pengembangan game edukasi ini menggunakan tools Construct 2 yang berbasis HTML5. Game edukasi ini diharapkan dapat menjadi arena bermain serta arena pembelajaran khususnya pengenalan nama-nama hewan, buah dan sayur dalam Bahasa Inggris untuk anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus. Kata kunci: Game, Edukasi, Bahasa Inggris, Multimedia, Android.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41515010121
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Bahasa Inggris, Multimedia, Android.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 790.1-790.9 Standard Subdivisions of Recreational and Performing Arts/Subdivisi Standar dari Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 790.1 Recreational Activities, Games/Aktivitas Rekreasi, Permainan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.4 Games of Action/Permainan dengan Gerakan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Nov 2020 01:28
Last Modified: 21 Nov 2020 01:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58252

Actions (login required)

View Item View Item