ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Ruas Jalan KH Hasyim Ashari, Tangerang)

HADI, TOMMI PRASTYA (2020) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Ruas Jalan KH Hasyim Ashari, Tangerang). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar pernyataan.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas ialah peristiwa yang terjadi pada suatu pergerakan lalu lintas akibat adanya kesalahan pada sistem pembentuk lalu lintas yang melibatkan manusia sebagai pengemudi, kendaraan, jalan, dan lingkungan sekitar yang menimbulkan kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi di jalan KH Hasyim Ashari dan lokasi yang menjadi black spot serta dapat diperoleh solusi untuk mengatasi dan bahkan mencegah terjadinya kecelakaan di ruas jalan KH Hasyim Ashari. Penelitian ini juga membahas kinerja jalan KH Hasyim Ashari. Berdasarkan hasil analisis, jumlah kecelakaan di ruas jalan KH Hasyim Ashari terbanyak dari tahun 2015-2019 terjadi pada tahun 2017 dengan jumlah 23 kejadian yang meyebabkan 1 korban meninggal dunia, 60 korban luka berat, dan 87 korban luka ringan. Tahun 2018, sepeda motor menjadi kendaraan paling banyak terlibat yaitu 65,85% (27 kendaraan), kecelakaan tertinggi terjadi pada pukul 00.00-06.00 WIB dengan 9 kejadian. Dari 21 titik kecelakaan dikelompokkan menjadi 9 segmen jalan yang 5 diantara menjadi lokasi black spot. Faktor utama pengaruh kecelakaan adalah lengah, baik dari manusia maupun dari lingkungan. Selain itu, penyebab kecelakaan lainnya adalah kondisi jalan yang tidak 100% baik melainnya adanya beberapa lubang dan bekas tambalan yang menyebabkan jalan menjadi tidak rata, kemudian kondisi ketidaktersediannya rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan juga menjadi faktor pengaruh kecelakaan lalu lintas di jalan KH Hasyim Ashari. Volume arus lalu lintas terpadat untuk arah Ciledug ke Cipondoh terjadi pada hari Jum’at sore yaitu pukul 17.00 – 18.00 yaitu sebesar 1516 smp/jam dan untuk arah Cipondoh ke Ciledug terjadi pada hari Jum’at pagi yaitu pukul 07.00 – 08.00 yaitu sebesar 1669 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan dari dua arah masih berada di bawah 0,6 yaitu sebesar 0,452 untuk arah Ciledug ke Cipondoh dan 0,498 untuk arah sebaliknya. Berdasarkan hasil ini maka Level of Service jalan KH Hasyim Ashari berada di tingkat A dengan karakteristik lalu lintas memiliki arus yang bebas, volume rendah, dan kecepatan tinggi sehingga pengemudi dapat memilih kecepatan yang dikehendaki. Kata kunci : kecelakaan, black spot, Hasyim Ashari, volume, kinerja. Traffic accidents are events that occur in a traffic movement due to an error in the traffic-forming system that involves humans as drivers, vehicles, roads, and the surrounding environment that causes losses. The purpose of this study is to determine the characteristics of accidents that occur on the KH Hasyim Ashari road and the location of the black spot and solutions can be obtained to overcome and even prevent accidents on the KH Hasyim Ashari road. This study also discusses the performance of the KH Hasyim Ashari road. Based on the analysis, the highest number of accidents on the KH Hasyim Ashari road in 2015-2019 occurred in 2017 with 23 incidents resulting in 1 death, 60 serious injuries and 87 minor injuries. On 2018, motorcycle is the vehicle most involved, 65.85% (27 vehicles), the highest accident occurred at 00.00-06.00 WIB with 9 incidents. Of the 21 accident points grouped into 9 road segments, 5 of which are black spot locations. The main factor influencing accidents is careless, both from humans and from the environment. In addition, other causes of accidents are road conditions that are not 100% good but there are some holes and patches that cause the road to become uneven, then the condition of the unavailability of traffic signs and street lighting is also a factor influencing traffic accidents on KH Hasyim Ashari road. The most dense traffic volume for Ciledug to Cipondoh direction occurs on Friday afternoon at 17.00 - 18.00 which is 1516 smp/hour and for Cipondoh direction to Ciledug occurs on Friday morning in the morning 07.00 - 08.00 which is 1669 smp/hour. The degree of saturation from the two directions is still below 0.6, which is 0.452 for Ciledug to Cipondoh and 0.498 for the opposite direction. Based on these results the Level of Service of the KH Hasyim Ashari road is at level A with the characteristics of traffic having free flow, low volume, and high speed so that the driver can choose the desired speed. Keywords : accident, black spot, Hasyim Ashari, volume, performance

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: ST/11/19/232
NIM: 41115110022
Uncontrolled Keywords: accident, black spot, Hasyim Ashari, volume, performance
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu > 155.936 Accidents/Kecelakaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:15
Last Modified: 24 Feb 2020 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54607

Actions (login required)

View Item View Item