DESAIN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN DI TAMBANG BATU BARA KALIMANTAN TENGAH PT. DAYA BUMINDO KARUNIA

EPRIYANTO, DOVI TRIASA (2019) DESAIN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN DI TAMBANG BATU BARA KALIMANTAN TENGAH PT. DAYA BUMINDO KARUNIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover Hal Depan.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3a. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
3b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
3c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB IV)
3d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
3e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
4. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas. Ruas jalan Balau (Pit) – Muara Lahung merupakan jalan khusus untuk mengangkut hasil tambang batu bara dari (Pit) di Balau melalui transportasi darat ke Muara Lahung, yang selanjutnya akan diangkut melalui transportasi sungai dari Pelabuhan Muara Lahung menuju Pelabuhan Klanis sebelum diekspor ke negara tujuan. Kondisi Jalan khusus yang dilalui masih berkondisi tanah belum ada perkerasan jalan. Sebagai alternatif perbaikan maka direncanakan adanya pembangunan jalan akses di tambang batu bara Muara Laung – Balau, Kalimantan Tengah oleh PT. Daya Bumindo Karunia menggunakan perkerasan jalan lentur (Flexible Pavement). Total panjang jalan di kawasan tambang adalah dari Sta. 0+000 sampai Sta. 165+000, atau sepanjang 165 Km. Analisa yang di dapat adalah lebar jalan lurus 10.5 meter belum termasuk bahu jalan 2 meter di kedua sisi jalan, dengan lebar disetiap tikungan 11.5 meter. Untuk tebal lapisan pondasi bawah (Sub Course) 25 cm, tebal lapisan pondasi 15 cm, dan tebal lapisan permukaan (Aspal) 5 cm. Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga tahun 2016 (JSKN) adalah sebesar 1,676 dan beban sumbu maksimum 5 ton untuk sumbu tunggal roda ganda, 10 ton untuk sumbu engkel roda ganda, 50 ton untuk sumbu trinton roda ganda. Data curah hujan untuk desain Hidrologi dari tahun 2000 sampai tahun 2016 atau selama 17 tahun terakhir, memperoleh rata-rata maksimum hujan bulanan sebesar 331.93 mm. Perencanaan drainase saluran menggunakan penampang saluran segi empat, di kedua sisi bahu jalan. Dengan lebar saluran 0.50 meter, kedalaman air 1 meter, dan tinggi jagaan 0.71 meter. Di hasilkan kapasitas saluran 2.09 m³/det dan kecepatan aliran saluran drainase adalah sebesar 4.188 m/det. Dan total Biaya perkiraan pekerjaan adalah Rp. 356,229,639,230 (Tiga Ratus Lima Puluh Enam Miliar Dua Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus Tiga Puluh Rupiah) sudah termasuk PPN 10% Kata kunci : Perkerasan Jalan Lentur (Flexible Pavement), Desain Konstruksi, Spesifikasi pekerjaan jalan lentr, Rencana Anggaran Biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 19 010
NIM: 41112120108
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Jalan Lentur (Flexible Pavement), Desain Konstruksi, Spesifikasi pekerjaan jalan lentr, Rencana Anggaran Biaya.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:04
Last Modified: 08 Jan 2020 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51890

Actions (login required)

View Item View Item