DESAIN CABLE STAYED BRIDGE SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI SUSPENSION BRIDGE (studi kasus : jembatan gabus cs)

SUPRIYONO, ALHABIB MOHAMMAD (2020) DESAIN CABLE STAYED BRIDGE SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI SUSPENSION BRIDGE (studi kasus : jembatan gabus cs). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01-Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02-Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03-Lembar Pernyataan.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04-Lembar Pengesahan.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05-Kata Pengantar.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06-Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07-Daftar Tabel.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08-Daftar Gambar.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09-Daftar Lampiran.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10-Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB II)
11-Bab II Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
12-Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
13-Bab IV Analisa dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
14-Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The Gabus CS suspension bridge is one of the bridges that was completed in early 2019, with a suspension bridge design using bridge components that is quite easy for construction service providers to carry out work, but this bridge design has failed in several construction locations. The failure of the bridge structure design is due to the lack of rigidity requirements in applying the applicable standards (SNI). Therefore, the author deliberately designed an alternative bridge to be a solution to replace the suspension bridge, the cable stayed bridge. Cable stayed bridges have sufficient strength and stiffness to withstand the forces that work, deflection that occurs on the bridge floor structure of ΔL = 0.293 m <Δall = 1 / 100L = 0.42 m and deflection on the pylon of Δh = 0, 00882 m <Δall = h / 300 = 0.025 m, the cross section of the bridge component shows that it is able to withstand the forces inside that work after controlling for axial strength, flexural strength and shear strength. Preliminary design of cable stayed bridge planning refers to RSNI T-03-2005 "Planning of steel structures for bridges". Loading refers to SNI 03-1725-2016, "Loading for bridges". The total weight of cable stayed bridge components is 23398.7 kg greater than the previous bridge which is 11072.5 kg, but in the aspect of structural strength can provide comfort for bridge users later, and is expected to be a solution to replace the suspension bridge design in future bridge projects. Keywords: Bridge, Cable stayed, Suspension bridge, stiffness Jembatan gantung Gabus CS adalah salah satu jembatan yang baru selesai dibangun pada awal tahun 2019, dengan desain suspension bridge menggunakan komponen-komponen jembatan yang cukup memudahkan para pelaku jasa konstruksi untuk mekakukan pelaksanaan pekerjaan, namun desain jembatan ini mengalami kegagalan konstruksi di beberapa lokasi. Kegagalan desain struktur jembatan ini akibat kurangnya syarat kekakuan dalam menerapkan standar SNI yang berlaku. Oleh sebab itu, penulis sengaja mendesain jembatan alternatif guna menjadi solusi sebagai pengganti jembatan suspensi, yaitu jembatan cable stayed. Jembatan cable stayed memiliki kekuatan dan kekakuan yang cukup baik dalam menahan gaya – gaya yang berkerja, lendutan yang terjadi pada struktur lantai jembatan sebesar ΔL = 0,293 m < Δijin = 1/100L = 0,42 m dan lendutan pada pylon sebesar Δh = 0,00882 m < Δijin = h/300 = 0,025 m, penampang pada komponen jembatan menunjukan mampu menahan gaya dalam yang bekerja setelah dilakukan kontrol terhadap kuat aksial, kuat lentur dan geser. Preliminary desain perencanaan jembatan cable stayed mengacu pada RSNI T-03-2005“Perencanaan struktur baja untuk jembatan”. Pembebanan mengacu pada SNI 03-1725-2016, “Pembebanan untuk jembatan”. Berat total komponen jembatan cable stayed 23398,7 kg lebih besar dari jembatan sebelumnya yaitu 11072,5 kg, namun dalam aspek kekuatan struktur dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jembatan nantinya, dan diharapkan dapat menjadi solusi untuk menggantikan desain jembatan suspension bridge pada proyek jembatan yang akan datang. Kata kunci : Jembatan, Cable stayed, Suspension bridge, kekakuan

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: ST/11/19/258
NIM: 41114110061
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Cable stayed, Suspension bridge, kekakuan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.9 Building, Structure, and Installation/Bangunan, Struktur, dan Instalasi
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan > 690.1 Structural Elements/Struktur Bahan Dasar Teknik Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:00
Last Modified: 22 Sep 2020 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51565

Actions (login required)

View Item View Item