IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA BERDASARKAN LAMA BERMAIN GAME ONLINE

WIBOWO, AULIA NOVI (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA BERDASARKAN LAMA BERMAIN GAME ONLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Template-Jurnal-Yudisium-Aul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)

Abstract

Increasingly sophisticated technological advances affect someone in playing. Games refer to modern games that are currently popular, made as attractive as possible so that someone gets their own satisfaction. Not a few of the students who participate in playing games, especially in mobile devices that are currently booming. This can affect student academic performance and influence graduation. In this study used student academic data such as gender, social studies scores, GPA, and also how long it took to play online games in a day, to determine the characteristics of graduation predictions for students. C4.5 algorithm is one of the data mining techniques by forming decision trees. The concept in this decision tree is to collect data which will then be calculated from the entropy and gain to determine the rule to be tested on the testing data later. The final results of this study prove that the C4.5 algorithm can be applied in predicting student graduation. Key words: C4.5 Algorithm, Data Mining, Student Graduation, Classification Kemajuan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi seseorang dalam bermain. Game mengacu pada permainan modern yang saat ini sedang populer, dibuat semenarik mungkin sehingga seseorang mendapatkan kepuasan tersendiri. Tidak sedikit dari kalangan mahasiswa yang ikut serta bermain game, terutama dalam perangkat mobile yang sedang marak saat ini. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa dan mempengaruhi kelulusan. Pada penelitian ini digunakan data akademik mahasiswa seperti jenis kelamin, nilai IPS, IPK, dan juga berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dalam sehari, untuk menentukan karakteristik prediksi kelulusan pada mahasiswa. Algoritma C4.5 merupakan salah satu teknik data mining dengan membentuk pohon keputusan. Konsep pada pohon keputusan ini yaitu mengumpukan data yang selanjutnya akan di hitung nilai dari entropy dan gain untuk menentukan rule yang akan diuji pada data testing nanti. Hasil akhir dari penelitian ini membuktikan bahwa algoritma C4.5 bisa diterapkan dalam memprediksi kelulusan mahasiswa. Kata kunci: Algoritma C4.5, Data Mining, Kelulusan Mahasiswa, Klasifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 063
Call Number: JM/15/19/012
NIM: 41515010050
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4.5, Data Mining, Kelulusan Mahasiswa, Klasifikasi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.8 Recreation Buildings/Arsitektur Gedung Rekreasi > 725.84 Buildings for Indoor Games/Permainan Luar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.15 Collections of Games/Koleksi Permainan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:49
Last Modified: 15 Jan 2020 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51198

Actions (login required)

View Item View Item