ANALISIS EFEKTIFITAS ALIRAN UDARA KIPAS PADA SISTEM PENDINGIN BLOK MESIN MOBIL BENSIN

HAVIF, MUHAMAD (2019) ANALISIS EFEKTIFITAS ALIRAN UDARA KIPAS PADA SISTEM PENDINGIN BLOK MESIN MOBIL BENSIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. halaman judul.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. surat pernyataan.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. lembar pengesahan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

In this modern era, technological advances in the automotive sector are growing rapidly, requiring continued learning of technology and increasing knowledge. If one of these systems does not work properly, it affects the other systems, causing losses and reducing engine performance, and can even cause damage to the engine. The cooling system on the car engine functions as a car engine protector by absorbing heat. Heat generated from burning fuel in the cylinder. This heat is something that is deliberately created to generate energy. But the heat can cause excessive heat (over heating effect). Excessive heat is the cause of changing mechanical properties and the shape of a car engine component. The properties and components of the engine if they have changed will cause engine performance to be disrupted and reduce the age of the engine (Maleev, 1982). At a temperature of 70 ℃ to 90 ℃, the highest radiator effectiveness at the cooling water temperature is 70 ℃ = 0.18333 using number 3 fan motor with an air flow rate of 5 m / s. With the increasing value of radiator effects, it can be ascertained that the value of the effectiveness of the engine block cooling system has increased. From the data retrieval experiments using the time-lapse method the highest radiator effectiveness value was obtained at 30 minutes using motor 3 air flow velocity 5 m / s with the effectiveness value = 0.624976. And the temperature begins to stabilize in the 30th minute with an average temperature of Th1 = 88.6667 and Th2 = 83.6667. So it can be concluded that the increasing speed of air flow from the radiator fan, the greater the value of the effectiveness of the cooling system engine block of the gasoline car. Di jaman yang modern ini kemajuan teknologi di bidang otomotif semakin berkembang secara pesat, mengharuskan untuk terus mempelajari ilmu teknologi dan menambah ilmu pengetahuan. Jika salah satu dari sistem tersebut tidak bekerja dengan baik maka berpengaruh pada sistem yang lainnya, sehingga menimbulkan kerugian dan mengurangi kinerja mesin, bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada mesin tersebut. Sistem pendinginan pada mesin mobil berfungsi sebagai pelindung mesin mobil dengan cara menyerap panas. Panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar didalam silinder. Panas tersebut merupakan suatu hal yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan tenaga. Namun panas tersebut dapat menimbulkan panas yang berlebihan (over heating effect). Panas yang berlebihan itu menjadi penyebab berubahnya sifatsifat mekanis serta bentuk dari suatu komponen mesin mobil. Sifat serta komponen mesin bila telah berubah akan menyebabkan kinerja mesin terganggu dan mengurangi usia mesin tersebut.(Maleev, 1982). Pada suhu 70℃ sampai dengan suhu 90℃, didapatkan efektifitas radiator tertinggi pada suhu air pendingin 70℃ = 0,18333 menggunakan motor kipas nomor 3 dengan kecepatan aliran udara 5 m/s. Dengan meningkatnya nilai efekifittas radiator dapat dipastikan nilai efektifitas sistem pendingin blok mesin pun meningkat. Dari percobaan pengambilan data dengan menggunakan metode selang waktu didapatkan nilai efektifitas radiator tertinggi pada menit ke 30 menggunakan motor 3 kecepatan aliran udara 5 m/s dengan nilai efektifitas = 0,624976. Dan suhu mulai stabil di menit ke-30 dengan suhu rata-rata Th1 = 88,6667 dan Th2 = 83,6667. Jadi dapat disimpulkan semakin bertambahnya kecepatan aliran udara dari kipas radiator, maka semakin besar nilai efektifitas sistem pendingin blok mesin mobil bensin.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 19 023
NIM: 41313120024
Uncontrolled Keywords: ANALISIS EFEKTIFITAS ALIRAN UDARA KIPAS PADA SISTEM PENDINGIN BLOK MESIN MOBIL BENSIN
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan > 025.34 Cataloging, Classification, Indexing of Special Materials/Pengatalogan, Klasifikasi, Pengindeksan Bahan Tertentu > 025.344 Machine-Readable Materials/Bahan yang Dapat Dibaca Mesin
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Oct 2019 08:05
Last Modified: 22 Jan 2020 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50515

Actions (login required)

View Item View Item