PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DIKALANGAN MAHASISWA TERHADAP POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL

PERMATASARI, VIONA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DIKALANGAN MAHASISWA TERHADAP POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3_LEMBAR PERSETUJUAN .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGESAHAN)
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6_DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7_DAFTAR TABEL.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
10_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
12_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB V)
13_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15_LAMPIRAN DAN CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)

Abstract

This research is growing more and more modern times, of course, many instant messaging applications are one of whatsapp. This study aims to analyze the influence of whatsapp social media among students, to analyze interpersonal communication at the University of Mercu Buana. The theory used in this study is the theory of S-O-R (Stimulus -Organism - Response), which is a human whose soul includes the components of attitudes, opinions, behavior, cognition, affection and konasi. Data collection methods in the study were questionnaires, interviews and observations. The type of research used is a type of verification research, namely research that aims to determine the effect of independent variables (whatsapp social media) with the dependent variable (interpersonal communication). The result of the research showed that whatsapp social media variable significantly influences interpersonal communication pattern in mercu buana university. Results of analysis using the coefficient of determination is known that variable interpersonal communication (Y) can be explained by the variable whatsapp social media (X) of 33,6%. While the remaining 66,4% is explained by other factors not examined. Keywords: WhatsApp Social Media, Interpersonal Communication Penelitian ini semakin berkembang nya zaman yang semakin modern tentu sekarang banyak aplikasi-aplikasi message instant salah satu nya whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media social whatsapp dikalangan mahasiswa, untuk menganalisis komunikasi interpersonal pada Universitas Mercu Buana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus –Organism – Respon) yaitu manusia yang jiwa nya meliputi komponen-komponen sikap, opini, perilaku, kognisi, afeksi dan konasi. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah kuisioner, wawancara dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent (media social whatsapp) dengan variabel dependen (komunikasi interpersonal). Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana dan uji t dapat diketahui bahwa variabel media social whatsapp dikalangan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap pola komunikasi interpersonal pada Universitas Mercu Buana. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel koomunikasi interpesrsonal (Y) dapat dijelaskan oleh variabel media social whatsapp (X) sebesar 33.6 %. Sedangkan sisanya 66,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteiliti. Kata Kunci: Media Sosial Whatsapp, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44115010032
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Whatsapp, Komunikasi Interpersonal
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.222 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:42
Last Modified: 23 Oct 2019 07:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50065

Actions (login required)

View Item View Item