RAHIMIN, RAHIMIN (2018) PENGARUH PEMBERITAAN CALON KEPALA DAERAH MUARO JAMBI DI MEDIA MASSA TERHADAP PENINGKATAN POPULARITAS, AKSEPTABILITAS DAN ELEKTABILITAS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
5. Kata Pengantar.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
6. Daftar Isi.pdf Download (319kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
8. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
9. BAB 3 ok.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
Abstract
Kampanye politik dengan menggunakan media massa baik cetak dan elektronik menjadi pilihan kandidat calon kepala daerah, tak terkecuali pada pemilihan kepala daerah Muaro Jambi 2017. Di Muarojambi, media cetak juga dimanfaatkan calon kepala daerah untuk bersosialisasi, selain kampanye tatap muka dan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan soal pengaruh pemberitaan calon kepala daerah di Muarojambi di media cetak terkait untuk meningkatkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek media. Dimana media merupakan suatu organisasi terstruktur, yang menjadi agen penyedia informasi bagi masyarakat. Media memiliki peran penting dalam proses pembentukan masyarakat yang lebih dewasa dan modern. Menurut Denis McQuail (1987 : 227), komunikasi massa adalah adanya pengaruh dan efek yang ditimbulkan oleh media massa kepada khalayak atau audiens. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian metode kuantitatif. Metode yang digu nakan adalah metode survey langsung turun ke pemilih. Untuk bisa mengetahui seberapa besar p engaruh pemberitaan di media cetak terhadap calon kepala daerah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada 399 responden yang diambil melalui teknik ran dom sampling. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa terpaan berita calon kepala daerah di Muarojambi, memiliki hubungan sangat tinggi. Dapat dilihat dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan pemberitaan mengenai calon kepala daerah bahwa intensitas pemberitaan bisa mempengaruhi popularitas, akseptabilitas dan elektabilias. Bisa dilihat jawaban dari respon den menunjukan sebanyak 199 responden atau 49.87% sangat setuju pemberitaan bisa mempeng aruhi. Faktor lain yang dapat mempengaruhi adalah faktor media cetak lain, media online ataupu n media televisi. Kata Kunci: Pemberitaan, Calon Kepala Daerah di Muarojambi, Popularitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM: | 55215120007 |
Uncontrolled Keywords: | Pemberitaan, Calon Kepala Daerah di Muarojambi, Popularitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 09:21 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 09:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |