PENGARUH PEMBERITAAN CALON KEPALA DAERAH MUARO JAMBI DI MEDIA MASSA TERHADAP PENINGKATAN POPULARITAS, AKSEPTABILITAS DAN ELEKTABILITAS

RAHIMIN, RAHIMIN (2018) PENGARUH PEMBERITAAN CALON KEPALA DAERAH MUARO JAMBI DI MEDIA MASSA TERHADAP PENINGKATAN POPULARITAS, AKSEPTABILITAS DAN ELEKTABILITAS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pernyataan)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. Daftar Isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB 3 ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Kampanye politik dengan menggunakan media massa baik cetak dan elektronik menjadi pilihan kandidat calon kepala daerah, tak terkecuali pada pemilihan kepala daerah Muaro Jambi 2017. Di Muarojambi, media cetak juga dimanfaatkan calon kepala daerah untuk bersosialisasi, selain kampanye tatap muka dan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan soal pengaruh pemberitaan calon kepala daerah di Muarojambi di media cetak terkait untuk meningkatkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek media. Dimana media merupakan suatu organisasi terstruktur, yang menjadi agen penyedia informasi bagi masyarakat. Media memiliki peran penting dalam proses pembentukan masyarakat yang lebih dewasa dan modern. Menurut Denis McQuail (1987 : 227), komunikasi massa adalah adanya pengaruh dan efek yang ditimbulkan oleh media massa kepada khalayak atau audiens. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian metode kuantitatif. Metode yang digu nakan adalah metode survey langsung turun ke pemilih. Untuk bisa mengetahui seberapa besar p engaruh pemberitaan di media cetak terhadap calon kepala daerah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada 399 responden yang diambil melalui teknik ran dom sampling. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa terpaan berita calon kepala daerah di Muarojambi, memiliki hubungan sangat tinggi. Dapat dilihat dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan pemberitaan mengenai calon kepala daerah bahwa intensitas pemberitaan bisa mempengaruhi popularitas, akseptabilitas dan elektabilias. Bisa dilihat jawaban dari respon den menunjukan sebanyak 199 responden atau 49.87% sangat setuju pemberitaan bisa mempeng aruhi. Faktor lain yang dapat mempengaruhi adalah faktor media cetak lain, media online ataupu n media televisi. Kata Kunci: Pemberitaan, Calon Kepala Daerah di Muarojambi, Popularitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Item Type: Thesis (S2)
NIM: 55215120007
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan, Calon Kepala Daerah di Muarojambi, Popularitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:21
Last Modified: 19 Sep 2019 09:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48819

Actions (login required)

View Item View Item