PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PEMILIH PEMULA PADA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDIP) DI KABUPATEN TANGERANG

KOMARUDIN, KOMARUDIN (2018) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PEMILIH PEMULA PADA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDIP) DI KABUPATEN TANGERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pernyataan)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13. DARTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (Lampiran)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Keran demokrasi saat ini telah terbuka lebar pasca reformasi digulirkan tahun 1998, hal ini membuat kian semarak perpolitikan di Indonesia. Alhasil kondisi ini memberikan dampak positif terhadap potret perpolitikan ditanah air, sehingga memengaruhi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Melalui sistem demokrasi yang telah dijalankan selama ini maka rakyat dapat menjadi pengambil kebijakan dalam memilih pemimpinnya secara konstitusional. Realitas politik saat ini mengakibatkan iklim politik kian kompetitif, dimana setiap partai politik termasuk PDI Perjuangan pun turut bertarung sengit dalam kontestasi politik, berbagai pendekatan strategi komunikasi politik dipersiapkan sebaik mungkin. Berdasarkan kondisi ini maka peneliti melakukan penelitian terkait Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Dalam Membangun Brand Awareness Pemilih Pemula Pada PDI Perjuangan di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Sementara berkaitan dengan konteks penelitian, studi kasus digunakan untuk meneliti penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Dalam Membangun Brand Awareness Pemilih Pemula Pada PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang melalui pendekatan strategi pemasaran SOSTAC meliputi: Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control. Peneliti hanya mengkaji kasus ini dan tidak membandingkan dan mengkaji dengan kasus lain Penelitian ini menyimpulkan bahwa PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang dalam membangun Brand Awareness menerapkan strategi komunikasi pemasaran politik melalui pendekatan SOSTAC meliputi analisis situasi (situation), Penetapan arah langkah (objective), merumuskan strategi (strategy), Penerapan taktik (tactics), penerapan pelaksanaan (action), dan terakhir penerapan kontrol (control). Dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan: 1) Proses penetapan arah kebijakan partai (objective), sebaiknya disertakan dengan target yang terukur dan jelas, 2) Pesan kampanye disarankan menggunakan diksi yang lebih dikenal oleh pemilih pemula, namun tetap sejalan dengan visi misi dan arah perjuangan partai, 3) Komunikator politik partai disarankan dari kalangan tokoh muda setempat yang representatif dan memiliki kredibilitas, serta dikenal dan disukai publik, 4) Pada proses kontrol (control) opini publik di sosial media, sebaiknya partai melengkapi dengan aplikasi media monitoring, sehingga partai dapat dengan muda mengetahui positioning Brand Awareness publik. Kata kunci: strategi komunikasi, pemasaran, politik, Brand Awareness

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2018/008
NIM: 55214110074
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, pemasaran, politik, Brand Awareness
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.5 Political Ideologies/Ideologi Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.2 Political Parties/Partai Politik, Parpol
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:21
Last Modified: 19 Sep 2019 09:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48818

Actions (login required)

View Item View Item