KEBERIMBANGAN PEMBERITAAN POLITIK DI MEDIA TELEVISI (Analisis Isi Pemberitaan Kampanye Pemilu Presiden 2014 Pada Metro TV Dan TV One)

PAMUNGKAS, THOMAS BAMBANG (2015) KEBERIMBANGAN PEMBERITAAN POLITIK DI MEDIA TELEVISI (Analisis Isi Pemberitaan Kampanye Pemilu Presiden 2014 Pada Metro TV Dan TV One). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL TESIS.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pernyataan)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (Lampiran)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keberimbangan pemberitaan politik Kampanye Pilpres 2014 pada Metro TV dan TV One di tinjau dari Model Objektvitas Westerstahl dimensi kesimbangan, yaitu source bias, slant, dan representative pro dan kontra. Penelitian ini menggunakan analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan penelitian ini adalah data primer tayangan pemberitaan Kampanye Pilres 2014 paa Metro TV dan TV One, dan data sekunder diantaranya wawancara dengan informan, dan kajian pustaka serta literature lainnya. Hasil penelitiannya, yaitu pemberitaan Kampanye Pemilihan Umum Presiden 2014 terdapat 851 item berita dari Metro TV 554 item dan TV One 297 item berita. Untu tayangan isi materi, frekuensi, dan durasi lebih didominasi pasangan tertentu. Televisi memiliki sudut pandang tersendiri dalam memberitakan Pilpres 2014. Metro TV begitu dominan memberitakan calon pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, Sebaliknya TV One didominasi pasangan calon presiden nomor urut 1 Prabowo Subiyanto-Hata rajasa. Kenyataan tersebut mengisyaratkan bahwa secara keseluruhan pola pemberitaan Pilpres 2014 di televisi jauh dari nilai etis jurnalistik dan bahkan melanggar aturan regulasi yang ada. Kata Kunci : Keberimbagan, Media televisi, Pemberitaan Pemilu, Dan Analisis Isi

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2015/024
NIM: 55212120033
Uncontrolled Keywords: Keberimbagan, Media televisi, Pemberitaan Pemilu, Dan Analisis Isi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 321 System of Government and States/Sistem Pemerintahan dan Sistem Negara
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 321 System of Government and States/Sistem Pemerintahan dan Sistem Negara > 321.8 Democratic Government/Pemerintahan Demokrasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:21
Last Modified: 19 Sep 2019 09:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48817

Actions (login required)

View Item View Item