MENGURANGI POTENSI KLAIM DETENTION DENGAN INTEGRASI SISTEM UNTUK EFISIENSI BIAYA PT. ASAHIMAS, JAKARTA.

YANUARTI, ADE (2019) MENGURANGI POTENSI KLAIM DETENTION DENGAN INTEGRASI SISTEM UNTUK EFISIENSI BIAYA PT. ASAHIMAS, JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrack.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar pernyataan.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5.Kata Pengantar.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

This research aiming for facilitate operations at PT Asahimas Loading area by analyzing the performance of existing queuing system , analyze the cause of problem queuing and provide corrective suggestions for addresing the queue to service in the loading area. Data processing using queuing theory and test data distribution by using SPSS 24. The queuing is the one of thoubles which is have a big enough reaction for company. Queuing happen because high of arrival rate not in balance with maximum service rate. Optimal performance queuing system will provide satisfaction for service users because it can reduce the waiting time in place that will have an impact on company. For now this the queuing model in PT Asahimas loading area is multi channel – single phase. Arrival pattern of service users ( container ) poisson distributed with an average rate of arrival of container (λ) is about 20 fcl/day and the pattern of service distribution is exponential with an average level of service container (μ) is approximatelly 18 fcl/day. The result of calculation of performance queuing system at stuffing area PT. Asahimas show that in the busiest accured in 2nd period and 3rd period of the month with an average rate of arrival container is about 20 fcl/day and the capacity of the serving container 18 fcl / day, means the level of service container has reached it is limits with level of activity of system (p) reaches over than 100%. Then to identify the cause of delay in service with fish bone diagram and last stage researchers propose to all the cause of the problem by using 5W+1H. Keyswords : Container , Queuing Model, Fishbone, 5W + 1H Penelitian ini bertujuan untuk memperlancar kegiatan operasional di PT. Asahimas dengan cara menganalisis kinerja sistem antrian , menganalisa penyebab antrian dan memberikan usulan perbaikan untuk mengatasi masalah antrian pada pelayanan area muat barang PT. Asahimas. Pengelolaan data menggunakan teori antrian dan uji data distribusi data dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS 24. Antrian merupakan salah satu masalah yang memiliki pengaruh cukup besar bagi sebuah perusahaan. Antrian terjadi karena tingkat kedatangan yang tinggi tidak diimbangi dengan tingkat pelayanan yang maksimal. Kinerja sistem antrian yang optimal akan memberikan kepuasan penggunanya karena dapat mengurangi waktu tunggu yang berdampak pada perusahaannya. Saat ini model antrian yang ada pada PT. Asahimas adalah multi single-single phase. Pola kedatangan pengguna container berdistribusi Poisson dengan rata-rata tingkat kedatangan container (λ) 20 fcl/hari dan pola pelayanan berdistribusi Eksponensial dengan rata-rata tingkat pelayanan container (μ) 18 fcl/hari. Hasil perhitungan kinerja sistem antian pada area loading PT Asahimas menunjukan bahwa masa tersibuk terjadi pada periode ke 2 dan ke 3 setiap bulannya. Dengan rata-rata kedatangan container sebanyak 20 fcl perhari dan pelayanan container 18 fcl perhari. Artinya pada periode tersebut telah mencapai batas maksimalnya dengan tingkat kesibukan sistem (p) mencapai 100%. Kemudian dilakukan identifikasi massalah penyebab ternjadi keterlambatan pelayanan dengan dishbone diagram dan tahap terakhir peneliti memberikan usulan terhadap semua penyebab masalah dengan 5W + 1H. Kata kunci : Container, Model Antrian, Fishbone diagram, 5W + 1H

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SE/31/18/425
NIM: 43113120085
Uncontrolled Keywords: Container, Model Antrian, Fishbone diagram, 5W + 1H
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 May 2019 00:59
Last Modified: 29 May 2019 00:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47613

Actions (login required)

View Item View Item