CITRA PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM ISI VLOG JOKO WIDODO MENURUT NETIZEN (Analisis Isi Vlog Joko Widodo Periode 4 Februari 2017 Sampai Dengan 3 Maret 2018)

MAKSTRIA, CENDA (2019) CITRA PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM ISI VLOG JOKO WIDODO MENURUT NETIZEN (Analisis Isi Vlog Joko Widodo Periode 4 Februari 2017 Sampai Dengan 3 Maret 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover Skripsi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
13. Daftar Gambar.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB II)
8. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
9. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
10. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB V)
11. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study discusses the self-image of President Joko Widodo according to netizens in the contents of the uploaded vlog via Joko Widodo's youtube account. The purpose of this study is to find out the self-image of President Joko Widodo according to netizens in the contents of the vlog uploaded through Joko Widodo's youtube account. This research uses descriptive content analysis research type to describe in detail the contents of 20 Joko Widodo vlogs. The method used is the method of content analysis with quantitative analysis approach. Content analysis is a research technique done objectively, systematically, and quantitative description of the content of communication, in this case the contents of 20 vlogs uploaded through youtube account Joko Widodo. The results showed the video posted in Joko Widodo's vlog for the period 4 February 2017 to 3 March 2018 according to Joko Widodo's Image Categorization according to netizens, there were 9 videos or 45% positive comments, 3 or 20% negative comments, 8 or 35% neutral. In the discussion based on the categorization of the nature of the message and its types, it shows that 75% of positive comments from netizens, while netizen's negative comments were 25%. The number of positive comments of netizen to vlog Joko Widodo it can be concluded that the image of President Joko Widodo in the eyes of netizen "good" which means that vlog Joko Widodo can run a good communication function, namely as a medium of public communication, between leaders and the community he leads. Keywords: netizen comments, strategy, establishment, vlog, image Penelitian ini membahas citra diri Presiden Joko Widodo menurut netizen dalam isi vlog yang diunggah melalui akun youtube Joko Widodo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui citra diri Presiden Joko Widodo menurut netizen dalam isi vlog yang diunggah melalui akun youtube Joko Widodo. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian analisis isi deskriptifuntuk menggambarkan secara detail isi 20 vlog Joko Widodo. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan analisis kuantitatif.Analisis isi merupakan teknik penelitian yang dilakukan secara objektif, sistematis, dan deskripsi kuantitatif dari isi komunikasi, dalam hal ini isi 20 vlog yang diunggah melalui akun youtube Joko Widodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang diposting dalam vlog Joko Widodo periode 4 Februari 2017 sampai dengan 3 Maret 2018 sesuai Kategorisasi Citra Joko Widodo menurut netizen, ada 9 video atau 45% komentar positif, 3 atau 20% komentar negatif, 8 atau 35% netral menandakan bahwa youtube Joko Widodo dalam menampilkan setiap Video Blog atau Vlognya selalu memberikan penjelasan dan saran yang menginspirasi para penonton youtube Joko Widodo. Pembahasan berdasarkan kategorisasi sifat pesan dan jenis-jenisnya menunjukkan bahwa 75% komentar positif dari netizen,sedangkan komentar negatif netizen 25%. Banyaknya komentar positif netizen terhadap vlog Joko Widodo itu dapat disimpulkan bahwa citra Presiden Joko Widodo di mata netizen “baik” yang berarti bahwa vlog Joko Widodo dapat menjalankan fungsi komunikasi dengan baik, yaitu sebagai media komunikasi publik, antara pemimpin dan masyarakat yang dipimpinnya. Kata Kunci: komentar netizen, strategi, pembentukan, vlog, citra.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44210010138
Uncontrolled Keywords: komentar netizen, strategi, pembentukan, vlog, citra.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 175 Ethics of Recreation, Public Performances, Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga, Etika Pertandingan, Etika Penampilan, Etika Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 May 2019 02:07
Last Modified: 07 May 2019 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47458

Actions (login required)

View Item View Item