PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PUSAT INFORMASI PERDAGANGAN PUBLIK OLEH HUMAS KEMENTERIAN PERDAGANGAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MEDIA SOSIAL TWITTER KEMENTERIAN PERDAGANGAN TAHUN 2017)

AMELIA, SARAH (2018) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PUSAT INFORMASI PERDAGANGAN PUBLIK OLEH HUMAS KEMENTERIAN PERDAGANGAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MEDIA SOSIAL TWITTER KEMENTERIAN PERDAGANGAN TAHUN 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04. ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB II)
08. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
09. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial dewasa ini sangatlah berkembang pesat pada instansi pemerintahan maupun organisasi untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas atau publik. Salah satu instansi pemerintahan yang memanfaatkan media sosial adalah Kementerian Perdagangan. Media sosial termasuk twitter menyediakan sejumlah peluang untuk pemerintah khususnya divisi humas dalam bentuk membangun hubungan baik dengan publik, mengembangkan komunikasi dengan publik, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial oleh humas Kementerian Perdagangan RI untuk menyampaikan informasi kepada publiknya melalui akun media sosial twitter @Kemendag. Penelitian ini menggunakan landasan teori potensi-potensi besar yang dimanfaatkan oleh E-PR (Cyber PR) perusahaan, yaitu komunikasi konstan, respon cepat, pasar global, interaktif, komunikasi dua arah dan hemat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti mengamati akun media sosial twitter @Kemendag dan melakukan wawancara mendalam kepada lima narasumber, yaitu Kepala sub bagian multimedia, dua orang staff sub bagian multimedia dan dua orang followers @Kemendag. Pemeliti melakukan teknik triangulasi sumber untuk memeriksakan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, Humas Kementerian Perdagangan aktif dalam memanfaatkan akun media sosial twitter @Kemendag, tetapi dinilai masih kurang efektif dan interaktif karenanya masih harus ditingkatkan lagi. Sebaiknya humas Kementerian Perdagangan lebih responsif dalam memanfaatkan akun media sosial twitter @Kemendag

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44214010135
Uncontrolled Keywords: Media, Sosial, Informasi, Publik, Cyber, Relations, Kemendag
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 380.1-380.9 Standard Subdivisions of Commerce, Communications, Transportation/Subdivisi Standar Dari Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > 380.1 Commerce (Trade)/Perdagangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:37
Last Modified: 03 Aug 2018 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43952

Actions (login required)

View Item View Item