Pengaruh perubahan arus dan etgangan pada nilai output klorin dari hypochlorinator (KF, Block Kakap, Laut Antro Selatan )

Failani, Azhar (2007) Pengaruh perubahan arus dan etgangan pada nilai output klorin dari hypochlorinator (KF, Block Kakap, Laut Antro Selatan ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Mengingat semakin besarnya ketergantungan manusia akan sumber daya alam seiring dengan meningkatnya angka pertumbuhan umat manusia, maka diperlukan halhal baru yang dapat menekan biaya operasional pada suatu industri, dalam hal ini industri minyak dan gas bumi. Selain itu, industri ini juga punya keterkaitan yang erat dengan lingkungan sekitarnya sehingga peralatan yang berhubungan dengan hal tersebut perlu ditinjau keandalan, mutu dan efisiensi kerja alat. Anjungan minyak dan gas lepas pantai tidak bisa lepas dari peran air laut sebagai sarana penunjang produksi walaupun di sisi lain, air laut juga membawa masalah yang perlu penanganan khusus. Oleh karena itulah, Hypoklorinator diperlukan di setiap anjungan lepas pantai. Karena itu, dalam tugas akhir ini, penulis membahas mengenai bagian utama dari sistem kelistrikan pada Hipoklorinator yaitu sel generator, kontrol panel, power suplai, transformator dan diagram listrik dalam kaitannya dengan proses elektrolisa air laut dimana pada pembahasan dititik beratkan pada efektifitas kerja dari Hipoklorinator. Disamping itu juga, dipaparkan analisa dari klorin yang dihasilkan dari proses elektrolisa air laut. Pembahasan dari analisa klorin ini selain dalam lingkup kimia lingkungan juga prosedur operasi standard dari alat agar dapat bekerja optimal dan terutama beroperasi dengan tingkat keamanan yang tinggi baik bagi operator maupun untuk peralatan.Berdasarkan hasil percobaan, didapat bahwa kadar klorin yang di hasilkan sangat dipengaruhi tinggi rendahnya arus dan tegangan pada hypoklorinator dan besar flow rate dari air laut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 117
Call Number: STI/07/021 FAI p
NIM/NIDN Creators: 0140312-005
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PERUBAHAN ARUS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Oct 2007 13:32
Last Modified: 05 Jun 2017 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30246

Actions (login required)

View Item View Item