Pemanfaatan touchscreen proface dalam modifikasi sistem interface PLC pada mesin bladder injection di PT Gajah Tunggal Tbk plant d radial

Hendarto, Bram A (2008) Pemanfaatan touchscreen proface dalam modifikasi sistem interface PLC pada mesin bladder injection di PT Gajah Tunggal Tbk plant d radial. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41405110110 Bram A Hendarto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstraksi Abstraksi - Otomatisasi merupakan alternatif yang tidak dapat dielakkan lagi untuk memperoleh sistem kerja yang sederhana, praktis, dan efisien. Untuk menunjang proses ini dapat digunakan Touchscreen dan Programable Logic Control (PLC). Proyek akhir ini adalah menghasilkan sistem komunikasi yang lebih interaktif dan menggantikan sistem komunikasi lama antara manusia terhadap mesin yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan notebook/ laptop diganti dengan menggunakan touchscreen. Tujuan dari sistem komunikasi ini adalah untuk lebih memudahkan memonitor dan memasukan data mesin ke PLC. Alat yang digunakan dalam proses ini adalah Touchscreeen Proface GP477. touchscreen ini akan berfungsi sebagai alat untuk memonitor dan memasukan settingan – setingan mesin. Setiap menu tombol yang terdapat pada layar monitor diberikan alamat yang sama dengan alamat yang dimaksud atau yang akan disetting pada program PLC, sehingga saat disentuh atau dilakukan perubahan data pada layar,akan langsung terhubung pada alamat yang sama di program PLC dan data pada program PLC pun akan ikut berubah.Dari hasil pengujian proyek akhir Pemanfaatan touchscreen proface dalam modifikasi sistem interface PLC pada mesin Bladder Injection, sistem komunikasi ini mampu menggantikan notebook tanpa mengurangi fungsi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 023
Call Number: STI/09/021
NIM/NIDN Creators: 41405110110
Uncontrolled Keywords: PLC, Touchscreen, mesin bladder injection, PT Gajah Tunggal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 23 Jun 2022 01:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28287

Actions (login required)

View Item View Item