ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN YANG OPTIMUM PADA POLIKLINIK RUMAH SAKIT PELNI JAKARTA

ZULKARNAEN, MUHAMMAD EDWAN (2020) ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN YANG OPTIMUM PADA POLIKLINIK RUMAH SAKIT PELNI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

This study aims to analyze the queuing system to get optimum service at the PELNI Petamburan Hospital, Jakarta. The study population was patients at the Polyclinic PELNI Petamburan Hospital. The sample studied was BPJS Poly�Heart Patients Hospital PELNI Regular (non-Heritage) who visited for 6 working days by using non-probability purposive sampling technique. This study uses secondary data obtained from PELNI Petamburan Hospital information system. The data analysis method uses the Goodness of fit test to find out whether the average patient arrival time is Poisson distribution and the average patient service time is exponentially distributed. The results showed that the average waiting time of patients in the queue (Wq) and the average time of patients in the system (Ws) had met the hospital minimum service standards (SPMRS), while the average length of the queue (Lq) and the number of patients in the system (Ls) do not experience congestion because it is still below the waiting room capacity requirement. Keywords: queuing system, average waiting time of patients in the queue (Wq), average time of patients in the system (Ws), average length of the queue (Lq), average number of patients in the system (Ls). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian untuk mendapatkan pelayanan yang optimum pada poliklinik Rumah Sakit PELNI Petamburan, Jakarta. Populasi penelitian adalah para pasien Poliklinik Rumah Sakit PELNI Petamburan. Sampel yang diteliti adalah para pasien BPJS Poli�Jantung Rumah Sakit PELNI Reguler (non-Heritage) yang berkunjung selama 6 hari kerja dengan menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari sistem informasi RS PELNI Petamburan. Metode analisis data menggunakan uji Goodness of fit untuk mengetahui apakah waktu kedatangan rata-rata pasien berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan rata-rata pasien berdistribusi eksponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu rata-rata pasien didalam antrian (Wq) dan waktu rata-rata pasien didalam sistem (Ws) telah memenuhi standar pelayanan minimum rumah sakit (SPMRS), sedangkan panjang rata-rata antrian (Lq) dan jumlah rata-rata pasien didalam sistem (Ls) tidak mengalami kepadatan karena masih dibawah kapasitas ruang tunggu yang tersedia. Kata Kunci: sistem antrian, waktu tunggu rata-rata pasien didalam antrian (Wq), waktu rata-rata pasien didalam sistem (Ws), panjang rata-rata antrian (Lq), jumlah rata-rata pasien didalam sistem (Ls).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 20 358
Call Number: SE/31/21/181
NIM/NIDN Creators: 43115120134
Uncontrolled Keywords: sistem antrian, waktu tunggu rata-rata pasien didalam antrian (Wq), waktu rata-rata pasien didalam sistem (Ws), panjang rata-rata antrian (Lq), jumlah rata-rata pasien didalam sistem (Ls).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.3 Programs/Program > 005.36 Programs for Personal Computers/Program untuk Komputer Personal > 005.368 Programs For Specific Operating Systems and For Specific User Interfaces/Program untuk Sistem Operasi Tertentu dan Antarmuka Pengguna Khusus
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics > 511.4 Approxiamations and Expansions/Prakiraan dan Ekspansi > 511.43 Error Analysis/Analisis Kesalahan
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 610.1-610.9 Standard Subdivisions of Medical, Medicine, and Health Sciences/Subdivisi Standar Dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 610.7 Research and Statistical Methods of Medical Science/Metode Riset Penelitian dan Statistik Kedokteran, Metode Riset Penelitian dan Statistik Kesehatan > 610.73 Nursing and Services of Medical Technicians and Assistants/Perawatan dan Pelayanan Teknisi Medis dan Asisten
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 30 May 2022 17:13
Last Modified: 29 Jun 2022 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52298

Actions (login required)

View Item View Item