STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO TRAX FM JAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PENDENGAR (Studi Kasus Pada Periode September-Desember 2019)

AYU, ATIKAH DWI (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO TRAX FM JAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PENDENGAR (Studi Kasus Pada Periode September-Desember 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media elektronik yang masih eksis di masyarakat. Meskipun banyak media baru yang berkembang pesat seperti televisi dan internet, akan tetapi keberadaan radio masih diakui dan terus mengalami perkembangan. Radio menjadi salah satu bukti nyata sebagai media yang dapat menggambarkan begitu pesat dan ketatnya perkembangan persaingan bisnis media saat ini. Berkembangnya radio tidak lepas dari para pendengarnya. Tanpa pendengar radio tidak dapat bertahan setiap harinya. Itu sebabnya radio harus selalu memiliki strategi komunikasi pemasaran yang baik dalam mempertahankan pendengarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Trax FM Jakarta. Peneliti menggunakan teori untuk mendukung penelitian ini Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analasis teori SWOT, teori Segmentasi, Targeting, dan Positioning, teori komunikasi pemasaran dan teori buaran pemasaran untuk mempertahankan pendengar Radio Trax FM Jakarta. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postpositivisme karena penelitian ini merupakan kejadian yang nyata.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah Radio Trax FM Jakarta menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang pertama yaitu Promotion Tools meliputi Advertising, Acara dan pengalaman, Hubungan Mayarakat dan Publikasi, Pemasaran interaktif, Pemasaran dari Mulut ke Mulut, dan yang kedua menggunakan strategi Program Siar. Kata kunci : Radio, Strategi, dan Komunikasi Pemasaran

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 041
Call Number: SK/43/21/070
NIM/NIDN Creators: 44316010025
Uncontrolled Keywords: Radio, Strategi, dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.194 Radio/Radio
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.44 Radio/Radio
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:09
Last Modified: 11 Feb 2023 06:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49881

Actions (login required)

View Item View Item