PRODUKSI BRAND GUIDELINES STARTUP UNTUK MENCIPTAKAN BRAND IDENTITY

NAHARI, NARAYUDHA ASNA (2018) PRODUKSI BRAND GUIDELINES STARTUP UNTUK MENCIPTAKAN BRAND IDENTITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. LEMBAR PERSETUJUAN, TANDA LULUS, PENGESAHAN.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research is motivated by developing a brand is important for startups, the purpose of branding is to make the message convey to the public and users either through marketing material or logo and name. On the other side, startups need to be seen and known by the public. Developing a brand for startup is equal as investing to increase "visibility", and positioning in the public as something to remember. Besides, the brand is also the right way to deliver value to the public. In case this study discuss how to design a brand identity at a startup or in the introduction phase. This study taking ―Spektakel‖ brand as the object of research. Spektakel is a directory platform and ecosystem for arts and culture in Indonesia. This research using 5 phases of design i.e.: 1. Conducting research; 2. Clarifying strategy; 3. Designing identity; 4. Creating touchpoints; 5. Managing assets. The result of work is created a brand identity guidelines which is a guidance book or brand reference. Therefore, the communication material of a brand looks and feels consistent also effective. Furthermore, this brand guideline will ensure that everything will be delivered in one absolute and coherent voice. Keywords : startup, introducing, brand identity, brand guidelines. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membangun brand bagi startup, tujuan branding adalah untuk membuat menyampaikan pesan ke masyarakat dan pengguna baik melalui materi pemasaran atau melalui logo dan nama yang dipilih. Di sisi lain startup butuh untuk dilihat dan dikenal oleh banyak orang. Membangun brand bagi startup sama halnya berinvestasi untuk meningkatkan ―keterlihatan‖, dan menempatkan posisi di masyarakat sebagai sesuatu yang diingat. Di samping itu brand juga jadi jalan yang tepat untuk menyampaikan value ke masyarakat. Dalam penelitian ini membahas bagaimana perancangan identitas brand pada sebuah startup atau dalam fase introduction. Dalam penelitian ini mengambil brand Spektakel sebagai objek penelitian. Spektakel adalah platform direktori dan ekosistem informasi seni dan budaya di Indonesia. Konsep yang digunakan dalam perancangan ini yakni: 1. Riset terhadap brand; 2. Mengklarifikasi strategi dari brand; 3. Perancangan identitas brand; 4. Menciptakan touchpoint; 5. Mengelola aset identitas brand. Hasil karya yang telah dibuat adalah buku brand identity guidelines yakni sebuah buku panduan atau pentujuk brand, dibuat agar materi komunikasi sebuah brand terlihat dan terasa konsisten, serta efektif. Selain itu, brand guidelines atau buku petunjuk ini memastikan bahwa semua yang disampaikan brand kepada publik akan terkirim dalam satu bahasa yang padu dan absolut. Kata kunci : startup, introducing, brand identity, brand guidelines

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 136
Call Number: SK/43/18/089
NIM/NIDN Creators: 44313110101
Uncontrolled Keywords: startup, introducing, brand identity, brand guidelines
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.5 General Production Economics, Firm/Ekonomi Produksi Umum, Firma
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.6 Organization of Production/Organisasi Produksi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait > 339.4 Factors Affecting National Product, Wealth, Income/Faktor yang Mempengaruhi Produksi Nasional, Faktor yang Mempengaruhi Kekayaan dan Pendapatan Nasional
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Nov 2018 02:01
Last Modified: 28 Mar 2023 01:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45636

Actions (login required)

View Item View Item