KONSTRUKSI BERITA KONTROVERSI RANCANGAN UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN YOGYAKARTA (ANALISIS FRAMING PAN DAN KOSICKI TERHADAP BERITA SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI JANUARI 2011 – MARET 2011)

NUGROHO, CATUR (2013) KONSTRUKSI BERITA KONTROVERSI RANCANGAN UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN YOGYAKARTA (ANALISIS FRAMING PAN DAN KOSICKI TERHADAP BERITA SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI JANUARI 2011 – MARET 2011). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
HAL_COVER_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan intensitas pembicaraan seputar keistimewaan Yogyakarta di media massa selama tahun 2011, selain dipengaruhi oleh telah habisnya masa jabatan gubernur DIY pada tahun 2008, juga dipengaruhi oleh perkembangan politik nasional di Indonesia. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana media mengkonstruksi realitas menjadi berita dalam mengakomodir opini, sikap, pandangan dan pendapat masyarakat, kritik, dan saran yang berhubungan dengan permasalahan keistimewaan Yogyakarta. Dalam perspektif komunikasi, pertautan media dalam ranah kebijakan publik dapat dilihat menggunakan pendekatan analisis framing. Melalui analisis framing, akan dapat dipahami dengan cara dan teknik apa isu dan permasalahan keistimewaan Yogyakarta ditekankan dan ditonjolkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis framing (framing analysis) model Pan dan Kosicki. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi pada level teks berita Harian Kompas dan Kedaulatan Rakyat dan studi pustaka. Selanjutnya digunakan perangkat framing Pan dan Kosicki, yakni sintaksis, skrip, tematik, dan retoris untuk melakukan deskripsi dan analisis teks. Hasil dari penelitian ini, Kompas menganggap peristiwa seputar RUU Keistimewaan Yogyakarta cukup menarik dan “layak” untuk diangkat, sedangkan KR menganggap bahwa peristiwa dan fakta seputar pembahasan RUUK DIY “sangat penting” untuk dikonstruksi menjadi berita. Media seharusnya tetap memiliki tanggung jawab sosial untuk menyampaikan kebenaran kepada masyarakat sebagai konsumennya, karena media memiliki “kekuatan” untuk memilih simbol, menentukan bingkai (frame), dan memberikan ruang (space) dalam mengkonstruksi teks berita.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-13-004
Call Number: MKOM/2013/CAT/k
NIM/NIDN Creators: 55210110009
Uncontrolled Keywords: konstruksi, media, rancangan undang-undang, dan pembingkaian, construction, media, draft legistation, and framing, MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:22
Last Modified: 19 Jul 2022 07:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43466

Actions (login required)

View Item View Item