STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Dompet Dhuafa Jakarta)

Tarsani, Tarsani (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Dompet Dhuafa Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
3 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB 2)
4 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB 3)
5 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB 4)
6 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB 5)
7 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Hal Daftar Pustaka dan lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Dipilihnya kasus ini karena strategi komunikasi pemasaran sangat penting bagi lembaga sosial/nirlaba khususnya Lembaga Amil Zakat agar bisa bertahan, lebih maju dan dipercaya masyarakat sehingga mereka mau menyalurkan dana zakat,infak, dan shadaqahnya melalui LAZ yang bersangkutan. Dompet Dhuafa sebagai sebuah lembaga amil zakat (LAZ) tingkat nasional yang telah dikukuhkan pemerintah melalui SK Menteri Agama nomor 439 tertanggal 8 Oktober 2001, memiliki berbagai program yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Lembaga ini merupakan salah satu LAZ terbesar di Indonesia walaupun saat ini banyak bermunculan lembaga sosial serupa. Di antara kunci kesuksesan Dompet Dhuafa menjadi LAZ yang besar dan dipercaya masyarakat adalah penerapan strategi komunikasi pemasaran yang kreatif , inovatif dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di LAZ Dompet Dhuafa Jakata, sedangkan Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Peneliti menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan LAZ Dompet Dhuafa terdiri dari dua model, yaitu strategi menghimpun dana dan layanan donatur. Aktifitas penghimpunan dana dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: Metode fundrising, kampanye media, membuat berita, memasang iklan, mengadakan kegiatan di pusat keramaian, dan memilih publik figur sebagai duta program. Sedangkan layanan donatur terdiri dari: Akses kemudahan berzakat, sistem keanggotaan (membership), wisata zakat, dan publikasi laporan. Strategi komunikasi pemasaran tersebut sejauh ini berhasil meningkatkan kepercayaan muzakki terhadap LAZ Dompet Dhuafa sehingga lembaga ini kian berkembang dan jumlah donatur semakin bertambah.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-13-007
Call Number: 52/CCOM/2013/01
NIM/NIDN Creators: 55209110014
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Dompet Dhuafa, Strategy, Marketing Communication, Dompet Dhuafa, CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:24
Last Modified: 19 Jul 2022 07:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43464

Actions (login required)

View Item View Item