Analisis Kinerja Antara Bank Devisa dan Bank Non Devisa Sektor Perbankan di Indonesia (Periode 2002 - 2004)

HERMAWAN, ARDI (2006) Analisis Kinerja Antara Bank Devisa dan Bank Non Devisa Sektor Perbankan di Indonesia (Periode 2002 - 2004). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Tesis MM UMB - Cover, Pengesahan, Dan Originality.doc.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Tesis MM UMB - Abstrak.doc.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
Tesis MM UMB - Kata Pengantar.doc.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Tesis MM UMB - Daftar Isi.doc.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
Tesis MM UMB - Daftar Tabel.doc.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Singkatan)
Tesis MM UMB - Daftar Singkatan.doc.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Tesis MM UMB - Bab I Pendahuluan.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (Bab 2)
Tesis MM UMB - Bab II Kajian Pustaka.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Bab 3)
Tesis MM UMB - Bab III Objek dan Metode Penelitian.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (Bab 4)
Tesis MM UMB - Bab IV Hasil dan Pembahasan.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (Bab 5)
Tesis MM UMB - Bab V Kesimpulan dan Saran.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Tesis MM UMB - Daftar Pustaka.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Lampiran)
Tesis MM UMB - Riwayat Hidup.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Krisis multi dimensi di Indonesia pada penghujung abad 20 diawali oleh depresiasi nilai mata uang rupiah terhadap mata uang dollar Amerika telah menimbulkan krisis moneter yang berkepanjangan. Kondisi yang tidak kondusif telah berpengaruh negatif tehadap segala sektor sendi perekonomian. Imbas krisisi moneter menerpa sektor perbankan nasional. Krisis kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan merosot tajam, para deposan dan penabung melakukan penarikan besar-besaran dari bank. Akibat penarikan dana bersaman (rush), bank-bank mengalami kesulitan likuiditas. Hal tersebut membuat semakin ketidakpercayaan masyarakat terhadap perbankan menjurus pada runtuhnya sistem perbankan nasional, yang pada gilirannya mengakibatkan macetnya sistem pembayaran perekonomiana nasional. Dalam era persaingan pasar bebas termasuk didalamnya sektor perbankan, banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja perbankan maupun tingkat kesehatan yang disyaratkan oleh Bank Indonesia. Evaluasi kinerja keuangan yang umum digunakan dalam perbankan adalah dengan analisis rasio keuangan, diantaranya ROA, ROE, dan LDR. Penelitian mengenai perbandingan kinerja industri perbankan pada bank devisa dan non devisa yang didasarkan pada ROA, ROE dan LDR juga pernah dilakukan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja bank devisa dan non devisa sebelum krisis ekonomi, (Wijaya, 1998). Penelitian mengenai perbandingan kinerja industri perbankan pada bank devisa dan non devisa yang didasarkan pada ROA, ROE, dan LDR juga pernah dilakukan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa dalam jika dilihat dari variabel ROA dan ROE. Perbedaan kinerja terlihat nyata jika dilihat dari variabel LDR, (Febryani dan Zulfadin, 2003). Sedangkan penelitian ini dilakukan terhadap 33 bank devisa dan 35 bank non devisa yang tercatat di Bank Indonesia untuk periode analisis dari tahun 2002 – 2004, mengacu pada penelitian-penelitian sebelumnya dengan menggunakan metode analisis yang sama mengenai ROA, ROE, dan LDR dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja ROA dan ROE, kecuali tahun 2004 terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk tahun 2002 kinerja LDR tidak terdapat perbedaan yang signifikan, kecuali tahun 2003 dan 2004 untuk kinerja LDR terdapat perbedaan yang signifikan. Dalam penelitian selanjutnya yang tertarik dengan topik yang sama, penulis menyarankan untuk dapat mengembangkan dengan rasio-rasio kinerja lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-033
NIM/NIDN Creators: 1310311-046
Uncontrolled Keywords: MKU, Manajemen Keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jun 2012 16:08
Last Modified: 28 Jul 2022 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item