Analisis Strategi Bisnis dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Melalui Pendekatan Balanced Scorecard (studi kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa)

FIRIANDRY, REINARD (2006) Analisis Strategi Bisnis dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Melalui Pendekatan Balanced Scorecard (studi kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER TESIS.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
pengesahan.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Katat Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB IIrev.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB IIIrev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IVrev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (Bab 5)
babVRev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran kuesioner.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Dunia bisnis bahan bangunan semen merupakan suatu bisnis yang berada dalam lingkungan dinamis sehingga setiap perusahaan yang berkompetisi di dalamnya harus dapat menentukan strategi bisnis yang tepat untuk memenangkan persaingan dalam bisnis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi bisnis yang tepat bagi perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Strategi bisnis yang telah disusun akan dijabarkan ke dalam empat perspektif BSC yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini juga mengukur kinerja perusahaan selama ini untuk menganalisa kesenjangan yang ada antara sasaran strategis yang ingin dicapai oleh manajemen perusahaan dengan implementasi di lapangan. Hasil pengukuran menunjukan perspektif pelanggan memiliki nilai terendah, yaitu untuk indeks kepuasan pelanggan sebesar 65.32% dari target indeks sebesar 90, retensi pelanggan sebesar 47.8% dari target 70% dan nilai akuisisi pelanggan sebesar 15% dari target 30%. Dan untuk kepuasan kerja karyawan mencapai nilai 75 % dari nilai standar adalah 50 %, sedangkan untuk dua perspektif lainnya tidak diperoleh data akuratnyamaka dapat ditarik kesimpulan dari keadaan pasar. Untuk itulah beberapa kesenjangan inilah yang dicoba untuk diperbaiki dengan program- program yang diusulkan. Implementasi BSC dimulai dari peranan dan tanggung jawab manajemen puncak, usaha sosialisasi serta partisipasinya oleh seluruh karyawan. Pola umpan balik dalam konsep BSC membuat strategi di PT Indocement Tunggal Prakarsa menjadi lengkap sehingga perbaikan berkelanjutan yang terstruktur dapat berjalan lancar. Kata Kunci : strategi bisnis, Balanced Scorecard

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-036
NIM/NIDN Creators: 5510411-052
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Balanced Scorecard, MKU, Manajemen Keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Jun 2012 11:05
Last Modified: 28 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item