Simulasi Sistem Kontrol dan Pemantauan Suhu Mesin Pemanas Menggunakan Visual Basic 6.0 Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) dan jaringan Wireless

Ardiansyah, (2010) Simulasi Sistem Kontrol dan Pemantauan Suhu Mesin Pemanas Menggunakan Visual Basic 6.0 Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) dan jaringan Wireless. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
41507120016 Ardiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAKSI Banyak aktivitas industri yang membutuhkan kontrol dan pemantauan terhadap mesin-mesin industri. Salah satunya adalah mesin pemanas yang digunakan untuk mengeringkan bahan suatu produk. Nilai suhu mesin pemanas diatur sesuai dengan parameter yang diinginkan. Sistem kontrol dan monitoring konvensional mempunyai banyak kelemahan, seperti kontrol harus datang langsung ke lokasi mesin dan data suhu dicatat secara berkala dengan menggunakan checksheet. Dibutuhkan suatu sistem untuk kontrol dan pemantauan suhu mesin pemanas yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, simulasi sistem kontrol dan pemantauan suhu mesin pemanas menggunakan visual basic 6.0 berbasis Programmable Logic Controller (PLC) dan jaringan wireless dapat menjadi salah satu teknologi alternatif. Suhu aktual mesin pemanas yang dibaca oleh sensor LM35DZ diolah oleh Programmable Logic Controller (PLC) Master-K120S dengan perantara modul analog G7F-ADHA sebagai modul konversi dari data analog ke data digital. Data suhu dari PLC dikirimkan setiap detik ke komputer untuk ditampilkan pada program aplikasi dengan transmisi jaringan wireless. Data suhu disimpan secara berkala kedalam basis data yang dibangun menggunakan Microsoft SQL Server 2000. Untuk memudahkan dalam penggunaan data suhu yang telah disimpan dalam basis data, pada program aplikasi disediakan menu untuk konversi data ke file Microsoft Excel.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 141
Call Number: SIK/15/10/175
NIM/NIDN Creators: 41507120016
Uncontrolled Keywords: PLC, suhu, wireless, kontrol, pemantauan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Aug 2010 12:44
Last Modified: 24 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item