FRAMING KANDIDAT CALON PRESIDEN PADA MEDIA MASSA (Studi Kasus Kontruksi Citra Jokowi, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie pada Media Kompas, Republika dan Suara Karya Edisi November 2013 sampai Januari 2014)

AMIN, MOHAMMAD (2015) FRAMING KANDIDAT CALON PRESIDEN PADA MEDIA MASSA (Studi Kasus Kontruksi Citra Jokowi, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie pada Media Kompas, Republika dan Suara Karya Edisi November 2013 sampai Januari 2014). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Hal Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The media is proceeding an image to deliver the idea to the audience . The process causes an event or a political party has partcular imaKe. The media plays an important role in constructing an image for potential presidential candidates. In this research, the terms <f mass media refers to Kompas, Republika and Suara Karya. They construct the imaKr for .Jokowi, Prabowo and Aburizal Bakrie. This research applies constructive paradigm in analyzing the context. Constructivism believed as a part of constructivism reserach which has framing anlyzing within. Constructivism paradigm concentrate on how the image is shaped or constructed Meanwhile Gamson model and Modigliani offraming analyzing apply a methodology. This research shows and observation how image construction of Jokowi, Prabowo and Aburizal Bakrie are framed on the media.By extracting the Gamson Modigliani framing, the result of this research shows that the media construct the image of the presidential candidates based on political figure that can he seen from past recorded This research alao shows that on Kompas and Republika, the internal values owned by the Journalist in each media, become the guidance in constructing the image and agenda settin!( or particular presidential candidates. Meanwhile on Suara Karya, image construction mostly influences by political interest. Keyword-.:MassMedia, Framing, Constructivism, Political of lmaKe--- Media massa melakukan proses pengemasan pesan dan proses inilah sesungguhnya menyebabkan sebuah peristiwa, tokoh politik memiliki citra tertentu. Peranan Media sangat penting dalam mengkonstruksi Citra tokoh politik yang potensial sebagai kandidat calon presiden. Media massa dalam penelitian ini adalah media Kompas, Republika, Suara Karya. Ketiga media ini mengkonstruksi citra Jokowi, Prabowo dan Aburizal Bakrie. Dalam hal ini parad.igma penelitian yang digunakan adalah Paradigma konstruktivis. Mengapa menggunakan paradigma konstrukstivis, karena penelitian analisis framing adalah salah satu metode analisis teks yang berada dalam kategori penelitian konstruksionis. Konsentrasi paradigma konstruksionis adalah menemukan bagaimana peristiwa atau realitas tersebut dikonstruksi , dengan cara apa konstruksi itu dibentuk. Metode yang digunakan adalah analisis Framing dengan menggunakan model framing Gamson dan Modigliani Hasil penelitian saya adalah penelitian tentang bagaimana konstruksi citra Jokowi, Prabowo, ARB yang cli frame Harian Kompas, Suara Karya dan Republika. Framing yang digunakan adalah framing Gamson Modigliani. Hasil dari penelitian saya adalah Harian Kompas dan Republika serta Suara karya membuat konstruksi citra berdasarkan sebuah ketokohan politik yang dilihat dari rekam jejak di masa lalu. Serta pada Kompas dan Republika nilai-nilai yang menginternalisasi di para pekerja medianya menjadi dasar pedoman dalam membuat arah berita. Sedangkan pada suara karya kepentingan politik sangat kuat dalam mengkonstruksi citra seseorang. Kata Kunci : Media Massa, Framing, Konstruktivis, Citra Politik

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-118
Call Number: TK/52/15/089
NIM/NIDN Creators: 55211120082
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Framing, Konstruktivis, Citra Politik;Komunikasi Politik dan Media;KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Sep 2015 10:46
Last Modified: 07 Jul 2022 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item View Item