STUDI EKSPERIMEN DAN SIMULASI GETARAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK MENGIDENTIFIKASI POROS CAMSHAFT AKIBAT PENGARUH PUTARAN

ANDRIAN, ANDRIAN (2021) STUDI EKSPERIMEN DAN SIMULASI GETARAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK MENGIDENTIFIKASI POROS CAMSHAFT AKIBAT PENGARUH PUTARAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

In the DOHC Cylinder Head, the vibrations caused by the excitation force from the rotation of the camshaft, the Suzuki Satria Fu 150 camshaft only uses the bushing and oil flow as a rotation barrier. This research was conducted to determine the vibration pattern that occurs using Ansys simulation on the camshaft. Running objects that use two variations of speed, namely 1461 RPM and 1490 RPM rotation and vibration measurements are carried out on three axes, namely the X, Y, and Z axes. The measurement results are then processed using Matlab software. The deflection in form three with 1461 Rpm and 1490 Rpm turns indicates that the maximum deformation is obtained by the rotational speed of the camshaft. The maximum defromation value that occurs at 1461 Rpm is 336.95 mm, while 322.91 mm occurs at a rotation of 1490 Rpm. In the results of vibration measurements when testing running with a rotation speed of 1461 Rpm, and 1490 Rpm, at the point in the X, Y and Z axes. It is found that at 1461 Rpm, on the Z axis the frequency is 384 Hz at an amplitude of 57.2 m / s2. On the Y axis, the amplitude value is 46.2 m / s2, where the frequency is 195 Hz. while the frequency of 311 Hz has an amplitude value of 52.7 m / s2 on the X axis. At the rotation speed of 1490 Rpm, the highest amplitude is obtained on the X axis with an amplitude of 56.8 m / s2 at a frequency of 195 Hz. On the Z axis, the frequency of 309 Hz has an amplitude of 48.3 m / s2, while on the Y axis the highest amplitude occurs at 36.8 m / s2 with a frequency of 176 Hz. Keywords: Camshaft, DOHC, Vibration, deformation, simulation Pada Cylinder Head DOHC getaran ditimbulkan akibat adanya gaya eksitasi dari putaran camshaft, pada bagian poros camshaft Suzuki Satria Fu 150 hanya menggunakan bushing dan aliran oli sebagai penahan putaran. Penelitian ini, dilakukan untuk mengatahui pola getaran yang terjadi dengan menggunakan simulasi Ansys pada camshaft. Running objek menggunakan dua variasi kecepatan yaitu putaran 1461 RPM dan 1490 RPM dan pengukuran getaran dilakukan pada tiga sumbu yaitu sumbu X, Y, dan Z, Hasil pengukuran kemudian diolah menggunakan software Matlab. Defleksi pada mode shape tiga dengan putaran 1461 Rpm dan 1490 Rpm menunjukkan bahwa maxmimum defleksi dipengaruhi oleh kecepatan putar dari camshaft. Nilai maksimum defleksi yang terjadi pada 1461 Rpm sebesar 336.95 mm, sedangkan nilai maximum defleksi 322.91 mm terjadi pada putaran 1490 Rpm. Pada hasil pengukuran getaran pada saat pengujian running dengan kecepatan putaran 1461 Rpm, dan 1490 Rpm, pada titik in sumbu X, Y dan Z. Diperoleh bahwa pada 1461 Rpm, pada sumbu Z diperoleh frekuensi 384 Hz pada amplitude 57.2 m/s2. Pada sumbu Y nilai amplitude 46.2 m/s2, dimana frekuensi 195 Hz. sedangkan frekuensi 311 Hz memiliki nilai amplitude 52.7 m/s2 pada sumbu X. Pada kecepatan putar 1490 Rpm, Amplitude tertinggi diperoleh pada sumbu X dengan amplitude 56.8 m/s2 pada frekuensi 195 Hz. Pada sumbu Z pada frekuensi 309 Hz memiliki nilai amplitude 48.3 m/s2, sedangkan pada sumbu Y amplitude tertinggi terjadi pada 36.8 m/s2 dengan frekuensi 176 Hz. Kata kunci: Camshaft, DOHC, Getaran, deformasi, simulasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41316010006
Uncontrolled Keywords: Camshaft, DOHC, Getaran, deformasi, simulasi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 534 Sound and Related Vibrations/Suara, Bunyi dan Getaran yang Berkaitan > 534.5 Vibrations Related to Sound/Getaran yang Berhubungan dengan Bunyi
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.2 Sound and Related Vibrations/Suara, Bunyi dan Getaran yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.3 Mechanical Vibrations/Getaran Mekanis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:06
Last Modified: 31 Dec 2021 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53351

Actions (login required)

View Item View Item