RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL ASSISTANT DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS : PT. EASYSOFT INDONESIA)

LASKAR DEWANDARU, JANO (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL ASSISTANT DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS : PT. EASYSOFT INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover NEW.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
07 Bab 6 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Datar Pustaka NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

Salah satu kebutuhan mendasar dari manusia sebagai mahluk sosial adalah berkomunikasi. Seiring perkembangan teknologi, cara manusia dalam berkomunikasi semakin beragam. Salah satu cara komunikasi yang paling diminati saat ini adalah chatting. Chatting merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan orang lain baik secara visual maupun non-visual dalam dunia internet. Permasalahan yang terjadi di PT easySoft Indonesia, adalah komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Akibatnya penugasan kerja pun tidak sesuai dengan target perusahaan. Faktor yang menyebabkannya adalah karyawan dinilai pasif dalam melakukan koordinasi dan memberikan update progress tugas ke atasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membangun sebuah aplikasi chatting dengan pengimplementasian virtual assistant untuk membantu meningkatkan kerja karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Peneliti menggunakan metode Scrum sebagai metode pengembangan system. Pada penelitian ini dilakukan pemrosesan bahasa alami atau pendekatan Natural Language Processing agar Manager dapat melakukan penugasan kepada karyawan dan melakukan monitoring terhadap penugasan yang diberikan. Di sisi lain, karyawan dapat menggunakan virtual assistant dalam hal memberikan update progress pekerjaan ke atasan. Kata Kunci: Komunikasi, Chatting, Virtual Assistant, Natural Language Processing, Scrum

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 20 149
NIM/NIDN Creators: 41815120175
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Chatting, Virtual Assistant, Natural Language Processing, Scrum
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.1 Programming/Pemrograman > 005.13 Language Programming/Bahasa Pemrograman
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.222 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 21 May 2022 02:38
Last Modified: 29 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50303

Actions (login required)

View Item View Item