“STRATEGI KOMUNIKASI KOMNAS PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN TINDAK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN” (Studi Kasus Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan)

KARTIKA, DESSI (2020) “STRATEGI KOMUNIKASI KOMNAS PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN TINDAK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN” (Studi Kasus Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)

Abstract

Violence against women still occurs in various parts of the world, including Indonesia. Komnas Perempuan notes that in the 2019 annual records, violence against women reported in 2018 reached 406,178 cases, an increase of 14% compared to 2017. However, Komnas Perempuan sees that this increase also shows that the increasing number of victims who dare to report and the level of trust and needs of victims in service agencies. Researchers see a strategy adopted by Komnas Perempuan as the National Human Rights Institute which deals with issues concerning women. The purpose of conducting this research is to determine the communication strategies undertaken by Komnas Perempuan in building awareness of violence against women. The results of research that have been carried out that Komnas Perempuan uses a public strategy in which every activity carried out according to the public, one of which is the 16 Days Anti Violence Campaign against Women. This campaign is an annual campaign which is carried out every November 25 to December 10. In compiling a strategy, it requires analysis and research of the partners who joined, the policies made, the planning of activities, the implementation of activities and the evaluation of the impacts made. Planning requires the analysis of goals and objectives, the formulation of themes and messages, determining targets and objectives, preparing the team and documentation. Keywords: violence against women, communication strategies, campaigns, 16 Days Against Violence against Women Kekerasan terhadap perempuan sampai saat ini masih banyak terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Komnas Perempuan mencatat dalam catatan tahunan tahun 2019 mencatat kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan pada 2018 mencapai 406.178 kasus, meningkat 14% dibandingkan tahun 2017. Namun Komnas Perempuan melihat bahwa peningkatan tersebut juga menunjukan bahwa semakin banyaknya korban yang berani melapor dan tingkat kepercayaan dan kebutuhan korban pada lembaga-lembaga layanan. Peneliti melihat adanya sebuah strategi yang dilakukan oleh Komnas Perempuan sebagai Lembaga Nasional HAM yang menangani isu-isu mengenai perempuan. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Komnas Perempuan untuk dalam membangun kesadaran tindak kekerasan terhadap perempuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Komnas Perempuan menggunakan strategi public dimana setiap kegiatan yang dilakukan menturut sertakan public, salah satunya Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan. Kampanye ini merupakan kampanye tahunan yang dilakukan setiap tanggal 25 November sampai 10 Desember. Dalam menyusun sebuah strategi dibutuhkan analisis serta riset mitra yang bergabung, kebijakan yang dibuat, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan serta evaluasi dampak yang dibuat. Dalam perencanaan dibutuhkan analisis sasaran dan tujuan, perumusan tema dan pesan, menentukan target dan sasaran, penyusunan tim serta dokumentasi. Kata kunci: kekerasan terhadap perempuan, strategi komunikasi, kampanye, 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 20 009
Call Number: TK/52/21/043
NIM/NIDN Creators: 55217120036
Uncontrolled Keywords: kekerasan terhadap perempuan, strategi komunikasi, kampanye, 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:35
Last Modified: 22 Aug 2023 04:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49993

Actions (login required)

View Item View Item