ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) SESUAI SNI/CAC RCP1:2011 (Kasus pada PT. Tirta Investama)

HILMAN, MUTI SOPHIRA (2013) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) SESUAI SNI/CAC RCP1:2011 (Kasus pada PT. Tirta Investama). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Industri pangan tidak hanya bertanggung jawab untuk memproduksi makanan yang aman tetapi juga dapat menunjukkan secara transparan bagaimana keamanan pangan telah direncanakan dan terjamin. Hal ini dapat dicapai melalui pengembangan Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) sebagai bagian dari sistem jaminan keamanan pangan perusahaan. Pada prakteknya pencapaian tujuan dan sarasan dari penerapan HACCP tidak selalu berhasil. Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam penerapan HACCP harus dapat terdefinisi dengan jelas dan dievaluasi dampaknya terhadap efektifitas penerapan HACCP. Tujuan penelitian ini adalah menentukan dan menganalisa faktor yang mempengaruhi penerapan sistem HACCP serta mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi hambatan yang diakibatkan oleh faktor penghambat untuk mencapai efektifitas penerapan sistem HACCP. Penelitian ini mengambil kasus pada penerapan HACCP di PT Tirta Investama plant Subang, Plant Mekarsari dan Plant Citeureup. Responden pada penelitian ini adalah manajer dan supervisor. Hasil penelitian ini diketahui atribut manusia dan atribut perusahaan merupakan faktor yang mempengaruhi efektifitas penerapan sistem HACCP. Langkah penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah mengembangkan program training untuk karyawan di semua level secara berkelanjutan, memastikan pelaksanaan Good Manufacturing Practices/Prerequisite Program berjalan dengan baik yaitu dengan melakukan audit secara berkala dan membangun metode komunikasi yang efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-13-016
Call Number: 53/MTI/2013/21
NIM/NIDN Creators: 55310120017
Uncontrolled Keywords: Industri pangan, Keamanan pangan, Efektifitas HACCP, Food industry, Food safety, HACCP effectiveness
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:27
Last Modified: 12 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43515

Actions (login required)

View Item View Item