STARTEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MEREKRUT MAHASISWA BARU ( STUDI KASUS UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA )

Faaroek, Safiani A. (2018) STARTEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MEREKRUT MAHASISWA BARU ( STUDI KASUS UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini terinspirasi pesatnya perkembangan perguruan tinggi di Indonesia akan mendorong suatu perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan kinerjanya, sehingga diharapkan dapat terus bersaing sesuai dengan perkembangannya. Kini perguruan tinggi memang harus lebih aktif untuk menggaet input yang berkualitas, beberapa perguruan tinggi swasta di Jakarta misalnya, telah mempekerjakan karyawan khusus di bidang marketing. Inovasi pemasaran perguruan tinggi memang sedang berkembang sangat pesat, panitia penerimaan mahasiswa baru tidak hanya difungsikan sekedar mengurusi hal administrasi dan seleksi calon mahasiswa saja, namun mereka diefektifkan jauh-jauh hari sebelum tahun ajaran baru untuk mengedukasi dan melakukan kampanye terhadap target-targetnya (calon mahasiswa potensial) Universitas Esa Unggul merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia mempunyai komitmen menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan tangguh dalam memasuki era global, dan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana penerapan konsep dan strategi marketing public relations yang dilakukan Universitas Esa Unggul. Serta Alasan-alasan strategi itu diterapkan dalam merekrut mahasiswa baru, sehingga mereka tertarik untuk masuk di Universitas Esa Unggul. Fokus penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations Universitas Esa Unggul dalam merekrut mahasiswa baru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis strategi marketing public relations Universitas Esa Unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus-deskriptif. Dimana data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen, untuk kemudian dianalisis, terhadap temuan-temuan diperoleh dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan strategi marketing yang dilakukan melalui Push Strategy (strategi mendorong), Pull Strategy (strategi menarik), Pass Strategy (strategi mempengaruhi) terbukti efektif. Selain itu kunjungan-kunjungan ke sekolah secara langsung sekaligus memperkenalkan program-program unggulan yang dimiliki Universitas Esa Unggul ternyata banyak diminati siswa di sekolah menengah atas. Untuk melihat efektifitas strategi marketing public relations dapat diukur dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Sebagai saran, dalam hal publikasi dengan media massa masih terbatas pada publikasi mengenai program unggulan sebaiknya mulai di terapkan juga untuk publikasi mengenai fasilitas pendukung yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan. Karena dengan begitu khalayak dapat lebih mengetahui keunggulan universitas Esa Unggul sehingga akan berpengaruh baik pada peningkatan jumlah mahasiswa baru.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: MKOM/2012/SAF/S(np)
NIM/NIDN Creators: 55207120027
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:09
Last Modified: 27 Aug 2018 03:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43291

Actions (login required)

View Item View Item