RANCANGAN PENERAPAN LEAN SERVICE DI DEPARTEMEN SERVICE CONTROL GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN INTERNAL DI GEDUNG KANTOR PUSAT PT XYZ TBK

Agustin, Meilan (2012) RANCANGAN PENERAPAN LEAN SERVICE DI DEPARTEMEN SERVICE CONTROL GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN INTERNAL DI GEDUNG KANTOR PUSAT PT XYZ TBK. S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penerapan konsep lean di bidang manufaktur sudah sering terdengar keberhasilannya. Dan sudah seharusnya konsep lean dapat dipergunakan juga di bidang jasa. Pengunaan konsep lean diharapkan dapat membuat proses kerja yang ada selama ini menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa serta memberikan usulan perbaikan terhadap proses kerja yang telah dilakukan selama ini, sehingga akan diperoleh rangkaian kerja yang sesui dengan prinsip dasar lean, yaitu: value, value stream, flow, pull, dan continuous improvement. Salah satu tugas utama bagian Service Control di PT. XYZ Tbk adalah penanganan komplain mengenai kenyamanan karyawan dalam bekerja. Berdasarkan data selama tahun 2011, komplain mengenai catudaya (penerangan) mencapai 53.2%. Berdasarkan process mapping yang dilakukan terhadap penanganan komplain masalah penerangan, didapat total waktu yang dibutuhkan sebanyak 109 menit. Untuk menangkap value dari internal customer, disebar kuesioner kepada 50 responden. Sample yang dipilih adalah departemen yang berada digedung kantor pusat PT XYZ Tbk yang kemudian diwakili oleh seseorang yang dinilai memahami dari proses komplain. Setelah dilakukan perbaikan dengan konsep lean, didapatkan perubahan waktu penyelesaian komplain penggantian lampu menjadi 58 menit atau meningkat sebanyak 53.2%.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: /53/MTI/2012/19
NIM/NIDN Creators: 5531011011
Uncontrolled Keywords: Lean, Process Mapping, Lean Service, Lean Tools, Lean, Process Mapping, Lean Service, Lean Tools.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 30 Jun 2018 04:38
Last Modified: 30 Jun 2018 04:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43177

Actions (login required)

View Item View Item