MEMPERPENDEK LEAD TIME PROSES PRODUKSI DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING DI PERUSAHAAN AIR CONDITIONING (AC) ( Studi kasus di PT. Fata Sarana Makmur )

Basri, Asan (2012) MEMPERPENDEK LEAD TIME PROSES PRODUKSI DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING DI PERUSAHAAN AIR CONDITIONING (AC) ( Studi kasus di PT. Fata Sarana Makmur ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover Lgkp.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA, Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

PT. Fata Sarana Makmur adalah perusahaan yang bergerak pada produksi Air Conditioning (AC) tipe sentral, dimana perlu untuk terus menerus meningkatkan kinerja produktifitasnya untuk meningkatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan berusaha menurunkan biaya, meningkatkan kualitas dan pengiriman produk tepat waktu ke pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus mengetahui berbagai aktifitas apa saja yang meningkatkan nilai tambah (value added) pada produk, dan pemborosan (waste) apa saja yang sering terjadi dan bisa memperpendek waktu proses produksi. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan proses dengan menerapkan Value Stream Mapping (VSM) dalam konsep Lean Manufacturing. Minimasi waktu menunggu proses produksi akan sangat berguna bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan yang semakin sulit. Pemahaman untuk kondisi perusahaan saat ini di gambarkan dalam peta keadaan saat ini (current state map), yang tersusun dalam value stream mapping dengan data-data yang perlu untuk dianalisa seperti: waktu siklus, waktu menunggu, jumlah shift, jumlah operator dan waktu ganti model. Masing-masing waktu proses produksi diidentifikasikan dalam matrik proses produksi. Kemudian dilakukan analisa untuk dilakukan perbaikan, yang selanjutnya digambarkan dalam peta keadaan masa depan (future state map). Berdasarkan dari hasil pengolahan data, maka di dapatkan waste pada waktu menunggu sekitar 96 menit, dari total lead time 301 menit, dan output produksi adalah 9 unit per shift. Setelah usulan perbaikan dilaksanakan didapatkan reduksi lead time proses produksi sebesar 107 menit. Sehingga lead time yang diperoleh sebesar 194 menit, dengan cara mengurangi waktu menunggu dari setiap tahap proses produksi yang terjadi pada lantai pabrik, dan didapat output produksi meningkat menjadi 14 unit per shift. Dari hasil penelitian ini, maka dapat menguntungkan perusahaan, sehingga produktifitas produksi menjadi meningkat sebesar 55.5%.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-12-019
Call Number: 53/MTI/2012/005
NIM/NIDN Creators: 55309120016
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Current State Mapping, Future State Mapping, Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Current State Mapping, Future State Mapping.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:28
Last Modified: 11 Jul 2022 06:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43166

Actions (login required)

View Item View Item