ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PERKULIAHAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Soecahyadi, Soecahyadi (2012) ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PERKULIAHAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER SIP.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Pendidikan di abad pengetahuan menuntut adanya manajemen pendidikan yang modern dan profesional dengan bernuansa pendidikan. Lembaga-lembaga pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peranannya secara efektif dengan keunggulan dalam kepemimpinan, staf, proses belajar mengajar, pengembangan staf, kurikulum, tujuan dan harapan, iklim sekolah, penilaian diri, komunikasi, dan keterlibatan orang tua/masyarakat. Salah satu faktor yang menentukan dalam mempertahankan Trend Positif untuk peminatan mahasiswa ke Universitas XYZ adalah kepuasan mahasiswa dalam merasakan produk yang dihasilkan. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat permasalahan yaitu pengaruh kualitas perkuliahan di Universitas XYZ terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini dilakukan dalam upaya memenuhi kepuasan mahasiswa yang akan berdampak pada meningkatnya jumlah mahasiswa. Variabel kualitas pelayanan menggunakan indikator tangibles, responsiveness, assurance, reliability, empathy. Variabel kepuasan mahasiswa menggunakan indikator sarana dan prasarana, jadwal/waktu perkuliahan, proses belajar mengajar, kualitas dosen dan pelaksanaan ujian. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, terdapat hubungan langsung yang signifikan antara variabel laten eksogen Kualitas Pelayanan dengan variabel laten endogen Kepuasan Mahasiswa, hal ini dapat dilihat hubungan struktural diantara dua variabel mempunyai nilai t sebesar 4.54. Variabel indikator eksogen yang memberikan kontribusi terbesar kepada variabel latent kualitas pelayanan adalah variabel Reliability, yaitu sebesar 77,44%. Sedangkan variabel indikator endogen yang memberikan kontribusi terbesar kepada variabel latent kepuasan mahasiswa adalah variabel sarana dan prasarana serta kualitas dosen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai presentase sebesar 51,48 untuk kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-12-003
Call Number: 53/MTI/2012/23
NIM/NIDN Creators: 55309110021
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas, Kepuasan Mahasiswa, Structural Equation Modeling, Dimensions of Quality, Student Satisfaction, Structural Equation Modeling
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:24
Last Modified: 11 Jul 2022 02:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43160

Actions (login required)

View Item View Item