CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM) PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRIES INDONESIA DALAM MENGELOLA OPINI PELANGGAN PADA LAYANAN SERVIS MESIN

WICAKSONO, RIZKY DWI (2018) CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM) PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRIES INDONESIA DALAM MENGELOLA OPINI PELANGGAN PADA LAYANAN SERVIS MESIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03. Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02. Lembar Persetujuan Skripsi, Pengesahan Perbaikan _ Tanda Lulus Sidang Skripsi.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata pengantar.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar isi .pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
07. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
08. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB V)
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Opini pelanggan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan keseluruhan kesan yang terbentuk dibenak pelanggan tentang perusahaan. Berkembangnya opini negatif dari beberapa pelanggan, terkait dengan pelayanan servis yang kurang baik dan terkesan lambat dalam merespon permintaan hal ini akan mengganggu tujuan utama dari perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori dari Kotler (2008) dimana CRM adalah keseluruhan proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang menguntunggkan dengan menghantarkan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Dan Cutlip (1990) dimana opini adalah sebagai pengekspresian suatu sikap mengenai persoalan yang mengandung pertentangan. Opini juga diartikan sebagai pendapat atau pandangan tentang suatu persoalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Dari hasil wawancara mendalam ini peneliti menemukan jawaban terkait dengan Customer Relations Management (CRM) PT. Fillomatic Global Industries Indonesia dalam mengelola opini pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa langkah-langkah Customer Relationship Management (CRM) PT. Fillomatic Global Industries Indonesia dalam mengelola opini pelanggan dengan menggunakan tiga pendekatan mulai dari people dalam hal ini pelanggan, proses dan interaksi. Customer Relations Management (CRM) secara tidak langsung membantu perusahaan untuk menjaga hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan melalui komunikasi dan pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 102
NIM/NIDN Creators: 44213120029
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM), PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRIES INDONESIA, PELANGGAN, LAYANAN SERVIS MESIN
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 023 Personnel Administration/Personalia Perpustakaan > 023.8 In-Service Training/Pelatihan Layanan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 369 Miscellaneous Associations/Aneka Ragam Perkumpulan > 369.5 Service Clubs/Perkumpulan Layanan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 19 May 2018 01:46
Last Modified: 15 Feb 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42752

Actions (login required)

View Item View Item