EFEKTIVITAS PERIKLANAN ONLINE PADA WEBSITE KASKUS BAGI PARA KASKUSERS

Palupi, Arum (2011) EFEKTIVITAS PERIKLANAN ONLINE PADA WEBSITE KASKUS BAGI PARA KASKUSERS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (Lembar Persetujuan)
Lembar Persetujuan.pdf

Download (58kB)
[img] Text (Bab 1 - 5)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Periklanan merupakan bagian dari kegiatan komunikasi pemasaran yang dianggap sangat penting bagi para produsen dikarenakan kemampuannya menjangkau khalayak yang luas. Perkembangan teknologi sekarang ini telah melahirkan beberapa bentuk periklanan baru, diantaranya adalah periklanan online. Meskipun periklanan online sudah mulai marak, namun belum ada ukuran pasti mengenai keefektifan periklanan online yang dilakukan pada sebuah website terhadap para konsumen. Termasuk periklanan yang dilakukan pada situs lokal terbesar di Indonesia yaitu Kaskus. Untuk itulah rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas periklanan online pada website Kaskus khususnya bagi para kaskusers? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas periklanan online pada website Kaskus khususnya bagi para kaskusers. Banyak teori yang mengungkapkan tentang bentuk periklanan yang efektif. Sementara untuk periklanan online sendiri, ukuran kefektifannya sejauh ini hanya mengandalkan ukuran traffic seperti jumlah klik, impresi, dan sebagainya. Akan tetapi dalam penelitian ini, keefektifan sebuah periklanan online lebih diukur dari sisi konsumen. Oleh sebab itu indikatornya diambil dari teori M. Suyanto yaitu evaluasi dari sisi recoginisi dan recall, evaluasi komunikasi, evaluasi persuasi, dan evaluasi alinasi. Tipe penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan metode survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah anggota kaskus periode Oktober 2010, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan yang dilakukan melalui survey online dan perhitungan menggunakan Likert Summating Rating maka hasil penelitian menghasilkan skor 8519 yang berada di antara kuartil 2 dan kuartil 3. Hal tersebut menunjukkan bahwa periklanan online yang selama ini dilakukan di Kaskus efektif bagi para kaskuser.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: CDS-443-11-001
NIM/NIDN Creators: 44308120010
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:41
Last Modified: 16 Feb 2023 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42677

Actions (login required)

View Item View Item