PENGARUH KOMPETENSI INTERPERSONAL PEMIMPIN DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP EMPLOYEE EANGAGEMENT DI PT INPOS INDONESIA

Trahutomo, Bowo (2014) PENGARUH KOMPETENSI INTERPERSONAL PEMIMPIN DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP EMPLOYEE EANGAGEMENT DI PT INPOS INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab I_final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II _final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III__final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi interpersonal pemimpin dan budaya perusahaan terhadap employee engagement di PT. IPSOS Indonesia. Data penelitian merupakan data karyawan untuk periode observasi setahun (1 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2012). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. IPSOS Indonesia Jakarta. Metode sampling yang digunakan adalah sensus dengan mengambil sampel seluruh karyawan tetap yang berjumlah 200 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana berbasis kausalistis, yaitu menguji hubungan antara fenomena variabel employee engagement dengan menentukan kausalitas dari variabel-variabel yang mempengaruhinya yaitu kompetensi interpersonal pemimpin dan budaya perusahaan terhadap employee engagement karyawan PT. IPSOS Indonesia. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi dan uji regresi. Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel bebas Kompetensi Interpersonal Pemimpin berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Employee Engagement. Dari variabel Kompetensi Interpersonal Pemimpin, dimensi memberikan Penilaian dan Bimbingan memiliki hubungan kuat dengan dimensi Emosional. Dari dimensi tersebut diatas, indikator ‘Memberikan bimbingan agar anak buah dapat mencapai target-target yang diberikan’ berhubungan kuat dengan indikator ‘Karyawan merasa bangga dengan tempatnya bekerja’. Hasil analisa secara parsial variabel Budaya Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap variabel Employee Engagement. Dari variabel Budaya Perusahaan, dimensi Pengembangan Kapabilitas memiliki hubungan kuat dengan dimensi Motivasional dalam variabel Employee Engagement. Dari dimensi tersebut diatas, indikator ‘Adanya Budaya Perusahaan yang memiliki program pelatihan meningkatkan kapabilitas secara kontinyu’ berhubungan kuat dengan indikator ‘Karyawan termotivasi ingin membawa ide-ide baru ke tempat pekerjaannya’. Hasil analisis secara simultan variabel Kompetensi Interpersonal Pemimpin dan Budaya Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Employee Engagement.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 35/MSDM/2014/077
NIM/NIDN Creators: 35/MSDM/2014/077
Uncontrolled Keywords: kompetensi interpersonal pemimpin, budaya perusahaan, employee engagement
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 09 May 2018 07:56
Last Modified: 09 May 2018 07:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42311

Actions (login required)

View Item View Item