ANALISIS KINERJA RUAS DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT PASAR KEMIS KOTA TANGERANG

ARDYAN, JHOVAN (2018) ANALISIS KINERJA RUAS DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT PASAR KEMIS KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COver.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK dyan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
4.Kata Pengantar,dll.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi ok1.final.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
5.BAB I Dyan271017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
6.BAB II Dyan080118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
8.BAB III Dyan271017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV Ps Kemis rev6print1.final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
10.BAB V Ps Kemis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract

Transportasi mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan masyarakat, namun dengan meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana transportasi menjadi masalah karena karena pertumbuhan sarana lebih cepat dibandingkan dengan prasarananya sehingga menimbulkan kemacetan. Simpang Empat Pasar Kemis merupakan salah satu simpang di Kota Tangerang. Simpang ini merupakan simpang empat lengan yang termasuk dalam kategori simpang tak bersinyal, karena pada simpang ini tidak terdapat APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas). Sehingga, pada simpang ini sering terjadi kemacetan dengan banyaknya kendaraan yang bertumpuk dan membuat antrian panjang terutama pada jam-jam sibuk, yaitu pagi dan sore hari, Sehingga perlu adanya kajian mengenai ruas dan simpang jalan. . Tinjauan pustaka yang digunakan seputar ilmu mengenai persimpangan mulai dari bentuknya sampai elemen lain yang terkait dengan persimpangan seperti ilmu mengenai ruas jalan raya pun dimasukan dalam tinjauan pustaka meliputi, kapasitas ruas jalan, jumlah lajur dan arah jalan, tingkat pelayanan jalan, hingga menentukan tingkat derajat kejenuhannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) yang meliputi analisa terhadap kapasitas persimpangan, panjang antrian, serta tundaan. Data didapat dengan melakukan survey terhadap lalu lintas, geometrik persimpangan serta volume dan kecepatan pada ruas jalan khususnya Jalan Raya Pasar Kemis pada jam sibuk dihari kerja, hari sekolah dan dihari libur, kemudian dievaluasi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan , didapat kinerja eksisting simpang tak bersinyal Jalan Pasar Kemis pada arus maksimum memiliki nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 11,76, sehinga dilakukan penutupan/pengalihan belok kiri dan kanan pada jalan utama dan jalan minor pada Jalan Pasar kemis, sehingga didapat nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,84. Level Of Service (LOS) simpang ini berada di level LOS B, dan untuk dampak pelayanan arus kendaraan di ruas Jalan Pasar Kemis yaitu LOS D Kata kunci: Simpang Tak Bersinyal, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, Derajat Kejenuhan (DS), Level Of Service (LOS).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 087
NIM/NIDN Creators: 41111120031
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, Derajat Kejenuhan (DS), Level Of Service (LOS).
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:06
Last Modified: 23 Dec 2021 13:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item View Item