PERBAIKAN PROSES PENANGANAN SAMPAH ORGANIK DI PASAR INDUK KRAMAT JATI

FERDIANI, YANNI (2018) PERBAIKAN PROSES PENANGANAN SAMPAH ORGANIK DI PASAR INDUK KRAMAT JATI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. Abstrak-Indonesia-Inggris-YanniFerdiani 55114110036-ok.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab I. Latar Belakang-Yanni Ferdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab II. Deskripsi Organisasi-YanniFerdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab III. Kajian Pustaka-Yanni Ferdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab IV. Metode Penelitian-YanniFerdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab V. Hasil dan Pembahasan-Uraian-YanniFerdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
7. Bab VI . Kesimpulan dan Saran-YanniFerdiani.55114110036-MM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa proses penanganan sampah organik dan mengembangkan model untuk perbaikan proses penanganan sampah organik. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi terhadap proses penanganan sampah organik di Pasar Induk Kramat Jati, wawancara dengan para pedagang, petugas kebersihan dan pihak pengelola yang ditunjang dengan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah bahwa penanganan sampah organik di Pasar Induk Kramat Jati belum terlaksana dengan baik. Proses penanganan sampah organik di Pasar Induk Kramat Jati masih bertumpu pada pendekatan akhir, yaitu sampah dikumpulkan, diangkut, dan dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir sampah (TPA) yang menyebabkan terjadinya penumpukan sampah organik di beberapa titik lokasi. Kondisi ini disebabkan pula oleh beberapa hal antara lain belum dilakukanya pemilahan sampah organik karena wadah untuk setiap jenis sampah tersebut belum dibedakan. Proses pengumpulan tidak sesuai dengan jenis sampah organik karena wadah yang disediakan tidak sesuai dengan kapasitas dan jenis sampah yang dihasilkan, letak wadah sulit dijangkau, jadwal pengumpulan sampah belum sesuai dengan komposisi sampah organik yang dihasilkan dan wadah-wadah komunal yang disediakan pada setiap zona belum terintegrasi satu dengan lainnya. Pengangkutan sampah organik internal di Pasar Induk Kramat Jati belum terorganisir dengan baik karena pengangkutan sampah ke luar masih mengandalkan pihak ketiga. Pengolahan sampah eksisting yang menggunakan metode komposting belum optimal dan pemrosesan akhir sampah di Pasar Induk Kramat Jati belum dapat dilaksanakan karena TPS di Pasar Induk Kramat Jati belum memenuhi persyaratan untuk dijadikan TPA. Melalui penerapan 5S dalam proses penanganan sampah organik di Pasar Induk Kramat Jati diharapkan dapat memperbaiki proses yang selama ini berjalan dan dihasilkan proses yang efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55114110036
Uncontrolled Keywords: sampah organik, penanganan sampah, 5S
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.4 System Programming and Programs/Sistem Pemrograman dan Program > 005.43 Operating System/Sistem Operasi > 005.434 Process Management Programs/Program Manajemen Proses
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 738 Ceramics Arts/Seni Keramik > 738.1 Techniques and Procedures of Ceramics Arts/Teknik Seni Keramik, Prosedur Seni Keramik > 738.18 Maintenance and Repair/Perawatan dan Perbaikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 06 Jan 2018 08:30
Last Modified: 29 Jan 2024 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40153

Actions (login required)

View Item View Item