PENERAPAN ALGORITMA CLUSTERING K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PROFIL PELANGGAN (STUDI KASUS : PT. SUPRA PRIMATAMA NUSANTARA)

ROMADONA, ESA (2017) PENERAPAN ALGORITMA CLUSTERING K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PROFIL PELANGGAN (STUDI KASUS : PT. SUPRA PRIMATAMA NUSANTARA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR_PUSTAKA_&_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Manajemen bisnis merupakan upaya pengaturan secara menyeluruh guna menjalankan sebuah usaha bisnis yang menghasilkan tujuan yang diinginkan. Hal ini dibutuhkan dalam rangka tercapainya tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit maupun tujuan-tujuan lain yang diinginkan pengelola usaha agar keputusan memutar modal dapat tepat sasaran dan tepat guna. Seiring dengan terus bertambah banyaknya jumlah subscriber, membuat pengelompokkan karakter pelanggan berdasarkan kemampuan finansial pada wilayah yang spesifik semakin sulit. Oleh karena itu, pengelompokkan profil pelanggan menggunakan salah satu data mining penganalisaan data sangat penting, guna bahan referensi dalam pengambilan keputusan. Lebih hematnya analisa tersebut dapat dikerjakan secara terstruktur oleh komputer, yaitu metode algoritma clustering k-means. K-Means merupakan teknik data mining yang sangat umum, yang mengelompokkan data sesuai dengan karakteristik yang serupa ke dalam satu atau lebih cluster. Metode ini mempartisi data ke dalam cluster-cluster dengan tujuan mengelompokkan karakteristik data yang sama ke dalam satu cluster yang sama dan memiliki karakteristik yang berbeda pada cluster yang lainnya. Output yang dihasilkan dari tugas akhir ini akan membentuk sebuah kumpulan data yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berdasarkan ketepatan waktu pembayaran tagihan, sehingga manajemen mampu mengidentifikasi karakteristik profil pelanggan sebagai acuan menentukan target pembangunan infrastruktur area distribusi dengan kecenderungan pelanggan-pelanggan loyal.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41514120146
Uncontrolled Keywords: profil pelanggan, data mining, clustering, k-means
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 02 Dec 2017 09:16
Last Modified: 02 Dec 2017 09:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39775

Actions (login required)

View Item View Item